Merealisasikan Tujuan Public Relations

Merealisasikan Tujuan Public Relations

LADUNI.ID, KOLOM-Kata relations menunjukkan kata kerja aktif, maka harus dilihat tujuan ini berdasarkan kepentingan kedua belah pihak (organisasi dn public). Artinya meskipun humas pada dasarnya milik organisasi atau embaga yang membayarnya, namun tujuan humas hendaknya dipandang sebagai tujuan yang netral atau bersifat katalisator antara tujuan organisasi/lembaga dengan tujuan public dan terbentuk sebagai simbiosis mutualistik.dengan demikian, rumusan yang dapat mengenai tujuan humas adalah sebagai berikut :

Pertama, terpelihara saling terbentuknya saling pengertian (aspek kognisi). Kedua, menjaga dan membentuk saling percaya (aspek efeksi). Ketiga, memelihara dan menciptakan kerja sama (aspek psikomotoris)

Semenatara itu menurut Djaja, “ Humas adalah fungsi manajemen dari sikap budi yang berencana dan bersinambungan yang dengan organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga yang bersifat umum dan pribadinya berupaya membina pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada kaitannya atau yang mungkin ada hubungan dari nilai pendapat umum di antara mereka untuk mengkorelasikan, sedapat mungkin kebijaksanaan dan tata cara mereka dengan informasi yang berencana dan tersebar luas mencapai kerjasama yang lebih produktif pemenuhan kepentingan bersama yang lebih efisien

Biasanya untuk memberikan rasa nyaman dalam organisasi. Setiap perusahaan atau organisasi harus memiliki visi dan aspirasi. Dengan menciptakan, menerapkan, memonitor, dan mengukur strategi Public Relationsnya yang profesional, sehingga nantinya setiap organisasi dapat merasa nyaman atas dirinya sendiri, dan para karyawan atau anggota organisasi juga merasa nyaman terhadap pimpinannya.

Berdasarkan pembahasan yang telah disampaikan diatas kita telah mengetahui betapa pentingnya kedudukan Public Relations bagi organisasi dan bagi reputasi organisasi. Perubahan politik, sosial dan teknologi dalam masyarakat luas, ditambah dengan munculnya ekonomi global, telah semakin mengukuhkan perlunya program – program Public Relations diterapkan melalui strategi yang teratur pada setiap tingkatan usaha.

Hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah setiap karyawan atau anggota organisasi merupakan perwakilan dari sebuah perusahaan atau organisasi, dan segala prilakunya akan mencerminkan citra keseluruhan perusahaan atau organisasi.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh

 

Referensi  Djaja, Hubungan Masyarakat, Remaja Rosdakarya, Frida Kusumastuti, Dasar-dasar Humas,dan lainnya