Terjadi Penyerangan, Tradisi Sedekah Bumi di Bantul Gagal Digelar

Terjadi Penyerangan, Tradisi Sedekah Bumi di Bantul Gagal Digelar

LADUNI.ID, Bantul - Budaya Sedekah Laut yang rutin digelar oleh para nelayan Pantai Baru, Bantul, Yogyakarta batal dilaksanakan. Pasalnya persiapan tradisi sedekah laut itu telah diserang dengan brutal oleh sekelompok orang pada Jum'at Malam lalu (12/10/2018).

"Tadi malam sekitar jam 23.00 malam. Ada sekitar 50 orang yang datang, mereka pakai motor, dua mobil dan ada satu mobil ambulans," kata seorang warga saat ditemui wartawan di Pantai Baru, Sabtu, (13/10/2018)

Saksi Mata tersebut sempat melihat peristiwa itu, kemudian memilih cepat pulang ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi karena takut. 

Ia menceritakan sekelompok massa yang beringas tersebut mengenakan Cadar Hitam sehingga tak bisa dikenali. 

"Mereka itu datang-datang langsung merusak meja tamu dan kursi di sekitar pantai. Ya kalau cirinya pakai cadar sama ada yang teriak Allahu akbar tadi malam, setelah merusak lalu mereka pergi," kata saksi mata tersebut. 

"Mereka juga sempat merusak meja dan membanting kursi tadi malam, diobrak-abrik lah pokoknya sekitar 15 menitan, setelah puas terus mereka pergi" imbuhnya.

Tradisi sedekah laut yang rencananya digelar hari Sabtu (13/10/2018), adalah acara budaya warga setempat yang rutin digelar setiap tahun.

Sebelumnya telah beredar pula sejumlah spanduk provokatif di sekitar lokasi yang menyatakan menolak digelarnya tradisi tahunan ini.

Diduga para pelaku perusakan ini adalah kelompok-kelompok radikal yang anti keberagaman. 

(srf)