Siswa MAN Kendari Juara Dua di Ajang Anugerah Ki Hajar Tingkat Nasional 

 
Siswa MAN Kendari Juara Dua di Ajang Anugerah Ki Hajar Tingkat Nasional 

LADUNI.ID,JAKARTA - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Kendari Muh Fahri Wijaya berhasil menjadi juara dua dalam ajang Grand Final Anugerah Ki Hajar Tingkat Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta mulai tanggal 9 hingga 13 Oktober 2018. 

Sementara juara pertama dalam ajang ini diraih oleh siswa SMA Bina Mulia Kalimantan Barat. Sedangkan juara ketiga diraih oleh siswa SMAN 1 Bali.

Fahri pada Sabtu (13/10) menjelaskan bahwa keikutsertaannya di tingkat nasional setelah lolos dalam penjaringan secara online yang dilakukan dalam dua tahap. Saat itu, ada dua wakil Provinsi Sulawesi Tenggara yang lolos,  yaitu Fahri dan satu siswa wakil SMA 4 Kendari.

"Di tingkat nasional, setiap peserta mengikuti serangkaian tahapan penilaian, mulai dari penilaian kompetensi akademik, penilaian kompetensi presentasi, dan penilaian kepribadian," ujarnya sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag

Atas prestasi tersebut menurut Fahri dirinya diberikan uang pembinaan sebesar Rp27 juta. Meski hanya meraih juara kedua Fahri mengaku tetap bersyukur. Pasalnya prestasinya tersebut mengharumkan nama daerahnya yaitu Sulawesi Tenggara. 

"Fahri sangat bersyukur, bahagia, dan bangga karena bisa mengharumkan Sultra, khususnya membawa nama baik MAN IC Kendari" ungkapnya usai menerim hadiah. Kegiatan ini ditutup oleh Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi.

Lebih lanjut menurut Fahri Prestasi ini bukan lah yang pertama. Pasalnya sebelumnya,  dia juga berhasil meraih medali perunggu bidang Matematika Terintegrasi dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional di Bengkulu yang diadakan Kementerian Agama.

Keberhasilan Fahri Wijaya disambut Kepala MAN IC Kendari Abdul Basit. Menurut Basit prestasi yang diraih oleh anak didiknya tersebut menunjukkan bahwa Fahri bisa bersaing dengan siswa-siswa yang berasal dari Jawa yang sudah terkenal maju. 

"(prestasi ini menunjukan) Ananda Fahri mampu bersaing dengan siswa-siswa yang berasal dari sekolah ternama di pulau Jawa, Kalimatan, dan Sumatera," ucapnya. 

Menurutnya, Fahri yang sekarang duduk di kelas XI MIPA ini dikenal cerdas dan cuek dalam berpakaian. Fahri juga tidak banyak bicara, tapi konsisten dan ulet ketika belajar.

"Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi madrasah. Terlebih, MAN Insan Cendekia Kota Kendari adalah satu-satunya madrasah yang ikut di event ini," tandasnya