Jokowi Kunjungi Ponpes Girikusuma Dapat Tongkat. Apa Maknanya ?

Jokowi Kunjungi Ponpes Girikusuma Dapat Tongkat. Apa Maknanya ?

LADUNI.ID, Demak - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Girikusumo, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jateng, Jumat (19/10/2018) petang. Ini adalah kunjungan Presiden Jokowi yang ke dua ke ponpes Girikusumo asuhan Mbah Munif panggilan akrab KH. Munif Zuhri sejak 2014 silam.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang warna gelap itu tiba di area ponpes pada pukul 17.59 WIB, bertepatan dengan berkumandangnya adzan Magrib. 

Kedatangan Jokowi disambut langsung Mbah Munif dan Bupati Demak, M Natsir bersama satusan santri di depan gerbang ponpes. Kemudian Presiden RI ke 7 itu bersama tuan rumah diringi kumandang sholawat berjalan menuju Masjid Ageng Girikusumo yang berada ditengah Ponpes untuk menunaikan shalat Magrib berjamaah.

Masjid yang didirikan oleh Ki Ageng Giri bersama masyarakat setempat tercatat telah berusia 137 tahun, terlihat dari prasasti yang terdapat di lokasi tertera tulisan arab pegon yang menginformasikan tanggal selesainya pembangunan, yaitu 16 Robiul Akhir 1228 Hijriah.

Usai shalat Magrib, Jokowi bersilaturahim di kediaman Mbah Munif yang berada di samping masjid dan melakukan diskusi tertutup.

Diketahui, Mbah Munif, selain mengasuh ponpes, juga dikenal sebagai Mursyid  Thariqah Kholidiyah Wa Naqsabandiyah. Dan, setiap malam jum'at digelar majlis pengajian untuk jamaah thariqah maupun masyarakat umum.

Keluar dari kediaman Mbah Munif, Jokowi nampak menenteng sebuah tongkat yang biasa dipakai Mbah Munif.

Menurut Jokowi, tongkat tersebut milik Mbah Munif yang diberikan kepadanya.

"Tongkat ini milik beliau, tadi diberikan kepada saya. Diberi ya saya alhamdulillah. Ada maknanya, tadi sudah disampaikan (oleh mbah munif), tapi tidak boleh disampaikan," ujar Jokowi sembari tersenyum penuh arti.

Sementara itu, Mbah Munif yang berada di dekat Jokowi, mengaku hanya memiliki tongkat itu yang bisa diberikan kepada Jokowi.

"Aku gak punya apapun. Cuma punya itu (tongkat) ya diberikan saja ndak papa," tutur KH Munif Zuhri.

Ketika ditanya wartawan terkait apakah tongkat tersebut mempunyai makna atau arti tertentu, Mbah Munif hanya mesem saja.

"Tanya Pak Jokowi saja, tadi sudah dijelaskan beliau," kata Mbah Munif sembari melirik Jokowi dan tersenyum penuh makna.

Usai kunjungan di Ponpes Girikusumo Desa Banyumeneng Mranggen ini Jokowi melanjutkan agenda lawatannya ke Semarang.

(srf)