JAPMI Deklarasikan Diri, Gus Hayid: Masjid Harus Punya Ruang Lebih Luas

 
JAPMI Deklarasikan Diri, Gus Hayid: Masjid Harus Punya Ruang Lebih Luas

LADUNI.ID, Cirebon - Aliansi Pemuda Masjid yang tergabung dalam jaringan Pemuda Masjid Indonesia (JAPMI) telah resmi dideklarasikan. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Cirebon pada Jum'at, 19/10/2018 di Kota Cirebon, Jawa Barat.

KH. Muhamad Nur Hayid selaku ketua umum JAPMI menyampaikan bahwa kegiatan ini penting di laksanakan dalam rangka menjembatani keinginan para Pemuda masjid untuk mendedikasikan hidupnya di rumah Allah.

Menurut dai kondang sekaligus pengurus MUI, gus Hayid menegaskan, “bahwa masjid bukan hanya tempat ibadah saja, tetapi juga tempat untuk berintraksi sosial. Kaum millenial harus dikasih ruang lebih luas di masjid, makanya masjid harus punya program yang menarik agar klompok muda milineal betah tinggal di masjid,” tambahnya.

Acara ini akan di hadiri langsung KH. Abdul Manan selaku ketua PBNU, dan di hadiri oleh kader penggerak Masjid NU se jawa barat.

Dalam sambutannya, KH. Abdul manan menyatakan bahwa kehadiran JAPMI sangat penting untuk membangun sinergi dengan lembaga dakwah yang sudah ada untuk mengurus masjid di segmen klompok milineal.

Dengan mengucap bismillah" JAPMI resmi di deklarasikan, JAPMI harus terdepan ngurus rumah ibadah", kata kyai manan.

Sekjen JAPMI Fauzan Amin saat di hubungi secara terpisah mengatakan bahwa kota cirebon di pilih menjadi lokasi deklarasi dalam rangka mengambil barokah dari para sesepuh, para wali dan  selain lokasinya sangat representatif.

Gus Fauzan menyatakan bahwa setelah deklarasi JAPMI akan segera menyiapkan strukturisasi, pelantikan, rapat kerja JAPMI dan membuka cabang JAPMI di seluruh Indonesia.