Ini Dia Ahli Forensik yang Diduga Memutilasi Khashoggi

 
Ini Dia Ahli Forensik yang Diduga Memutilasi Khashoggi

LADUNI.ID, Jakarta - Salah Mohammed al-Tubaigy mendadak yang disebut-sebut dalam kasus Jamal Khashoggi, ketua dari Arab Saudi, yang mencari informasi dari Arab Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

Pada sebuah bukti audio, terdengar suara yang sebagai suara al-Tubaigy sedang memutilasi Khashoggi.

Media online gagersdaily.com pada Kamis, 18 Oktober 2018 melaporkan, al-Tubaigy bukan orang baru di lingkaran Kerajaan Arab Saudi. Dia adalah kepala Departemen Hukum Medis Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dan Wakil Presiden Komunitas Legal Medis Arab Saudi. Al-Tubaigy juga dikenal sebagai salah satu kepala ilmuwan forensik dan etika Kerajaan Arab Saudi.

Al-Tubaigy lulus dari Fakultas Kedokteran, Universitas Raja Faisal, Arab Saudi pada tahun 1997. Pada 2004, dia keluar dari Arab Saudi untuk melanjutkan sekolah ke Universitas Glasgow di Skotlandia, Inggris. Ketika itu, dia mengambil jurusan forensik medis.     

Usai merampungkan S2, dia bekerja sebagai ahli patologi selama lima tahun di ibu kota Riyadh dan Dammam, Arab Saudi. Dia mulai menulis berbagai tulisan tentang kasus bunuh diri di Kerajaan Arab Saudi. Dia pun berkontribusi pada peningkatan buku forensik patologiakaran Arab.

Al-Tubaigy tiba-tiba saja menjadi gara-gara membuat fitur-fitur baru untuk Apple yang dikenakannya dan mengkoneksikannya ke iPhone miliknya. Tunangan Khashoggi tidak bisa masuk ke dalam konsulat jenderal Arab Saudi. Ia menunggu untuk mengeluarkannya di dalam gedung sambil menyembunyikan iPhone Khashoggi yang dititipkan.  

Suara yang sesuai untuk sekitar 15 orang agar menggunakan headphone untuk meredam teriakan Khashoggi yang mengawali dimutilasi hidup-hidup.

“Ketika saya melakukan ini, saya mendengarkan musik,” kata suara yang melatih al-Tubaigy, kepada 15 orang lainnya yang diduga membunuh Khashoggi . Al-Tubaigy, belum memberikan informasi tentang rekaman audio tentang pembunuhan Khashoggi.