Rektor UNS Ingatkan  untuk Jadi Kaum Intelektual yang Solutif

 
Rektor UNS Ingatkan  untuk Jadi Kaum Intelektual yang Solutif

LADUNI.ID,SOLO - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Ravik Karsidi berpesan kepada wisudawan agar menjadi kaum intelektual yang solutif. Dia mengingatkan akan tantangan di era revolusi industri 4.0. Peran tenaga kerja akan digantikan dengan robot automasi. Untuk menghadapi permasalahan itu, kaum intelektual harus cerdas, kreatif dan inovatif.

“Dengan   gelar akademik  yang sudah disandang oleh para wisudawan akan semakin  memantapkan posisinya dalam satu entitas sosial yang disebut ‘kaum intelektual’. Yang menjadi pertanyaan, apa yang harus dilakukan dan diperbuat oleh kaum intelektual?” ujar Ravik saat mewisuda 1.807 orang lulusan Program Diploma hingga Profesi di Auditorium kampus setempat pada Sabtu (20/10/2018) sebagaimana dilansir laman UNS

Ribuan wisudawan tersebut berasal dari  Program Pascasarjana sebanyak 208 orang, Program Sarjana sebanyak 1.099 orang, Program Diploma IV sebanyak 19 orang dan Program Diploma III sebanyak 437 orang. Selain itu dalam kesempatan tersebut juga diwisuda lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis sebanyak 32 orang dan Program Profesi Insinyur sebanyak 12 orang. Di antara ribuan wisudawan itu, tercatat sebanyak 767 wisudawan berpredikat cumlaude. Artinya, 42,45 persen dari wisudawan periode V kali ini berpredikat cumlaude.

“Sungguh, sangat membanggakan bagi kita semua. Ini merupakan salah satu wisuda dengan predikat cumlade terbanyak yang pernah saya hadiri,” kata Ravik

Lebih lanjut Ravik berpesan berbekal pengetahuan yang diperoleh selama menempuh pendidikan, lulusan UNS diharapkan mampu menempatkan diri sebagai bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah. UNS sendiri sudah berupaya membekali para mahasiswanya dengan berbagai softkill.

“Misalkan bagaimana bekerja secara teamwork. Yang kedua kemampuan inovasi, enterprenuership dan sebagainya. Dengan itu, saya yakin lulusan UNS akan berhasil di era millenial,” kata Ravik dengan penuh semangat.

Di akhir pidatonya, Ravik menyampaikan UNS akan memasuki masa transisi dari PTN BLU menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi Berbadan Hukum. Dengan status PTNBH, impian UNS menjadi World Class University (WCU) pun akan semakin dekat.