Hari Santri Nasional Pertegas Santri Sebagai Pionir Perdamaian

Hari Santri Nasional Pertegas Santri Sebagai Pionir Perdamaian

LADUNI.ID | Aceh - Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, turut memperingati Hari Santri Nasional tingkat Kota Banda Aceh tahun 2018, yang berlangsung di Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, Senin 22 Oktober 2018.

Pada kesempatan itu, Walikota mengatakan, Hari Santri tahun 2018 merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia.

"Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keberagaman masyarakat. Marilah kita tebarkan kedamaian, kapanpun, dimanapun, kepada siapapun,"

Sesuai dengan tema, “Bersama Santri Damailah Negeri”, para santri yang umumnya memiliki basis keilmuan memadai dan memiliki peran dalam menyebarkan agama Islam dalam rangka mendamaikan dan menjadi Rahmatan Lil ‘Alamin.

"Sehingga dengan tema ini diharapkan, kaum santri menyadari tanggung jawab yang lebih besar dalam menjaga, memelihara, dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” harap Aminullah.