STAI Musaddadiyah Garut

STAI Musaddadiyah Garut

PROFIL
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut diselenggarakan mulai tahun 1976 berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam Departemen Agama RI No. SK Direktur Jenderal Binbaga Islam Departemen Agama RI No. Kep/E/III/90/79 dan bernaung di bawah Yayasan Al-Musaddadiyah. STAI Al-Musaddadiyah Garut menyelenggarakan empat program studi, yang merupakan jenjang strata satu yaitu Muamalat dan Pendidikan Agama Islam (PAI) serta Jenjang Diploma 2 yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam / Madrasah Ibtidaiyah (PGSDI/MI) dan Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam (PGTKI).

STAI Al-Musaddadiyah Garut dalam pelaksanaan dan implementasinya, dikelola oleh seorang Ketua yang dibantu oleh para Pembantu Ketua, dan unsur pimpinan program studi yaitu Ketua dan Sekretaris Program Studi, serta pelaksana yaitu Tenaga Pengajar (Dosen). Serta ditunjang oleh para kepala Unit Penunjang Akademik yang meliputi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Kepala Lembaga Pengembangan Bahasa / Language Development Centre (LDC), Kepala Laboratorium Micro Teaching (Lab. MT), Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan, Kepala Bagian Administrasi serta unsur pembantunya yaitu : Kepala Sub Bagian Administrasi Keuangan (BAK), Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (BA2KA), Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) dan Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi (BPSI).

Penyelenggarakan pendidikan tinggi di STAI Al-Musaddadiyah Garut senantiasa mengacu pada visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan yang dijadikan sebagai acuan dan arah kebijakan. Visi, Misi dan Tujuan dari STAI Al-Musaddadiyah Garut senantiasa berorientasi masa depan dengan mencerminkan standar keunggulan, cita-cita tinggi, dengan dukungan semangat dan komitmen secara integral dari seluruh sivitas akademika. Visi, misi dan tujuan STAI Al-Musaddadiyah Garut diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang handal dan profesional.

Muatan kurikulum STAI Al-Musaddadiyah Garut saat ini mengacu Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 dan dan Surat Keputusan Menteri Agama serta kebutuhan masyarakat pengguna lulusan dengan beban kurikulum untuk jenjang sarjana berkisar antara 144 sks sampai 160 sks dan dijadwalkan dalam 8 semester serta jenjang diploma 2 berkisar antara 80 sampai 90 sks dan dijadwalkan dalam 4 semester. Kurikulum STAI Al-Musaddadiyah Garut diperkaya dengan mata kuliah muatan lokal yang diharapkan menjadi ciri khas, serta mampu mendukung pencapaian visi, misi dan tujuan.

Sedangkan untuk penilaian kegiatan dan kemajuan belajar mahasiswa dilakukan secara baik melalui, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Ujian tersebut dapat berupa ujian tertulis, ujian lisan, dan pelaksanaan tugas, serta observasi keaktifan mahasiswa. Sedangkan untuk ujian akhir sarjana dan diploma dua berupa penyusunan tugas akhir, seminar dan ujian skripsi.


PROGRAM STUDI

FASILITAS
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Kampus
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Gudang
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

13. Lab. Micro Teaching
ALAMAT
Jalan Mayor Syamsu No. 2 Jayaraga Tarogong Kidul, Garut
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://stai-musaddadiyah.ac.id
 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.