Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Ingin Dapat Beasiswa, Bagaimana Caranya?

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Ingin Dapat Beasiswa, Bagaimana Caranya?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya Irfan, kelas 3 SMA. Saya selalu tertarik dan selalu menyimak rubrik konsultasi ini.

Saya ingin bertanya, bagaimanakah langkah-langkah mendapatkan beasiswa itu ? Saya ingin mempersiapkannya sejak awal. Terima kasih atas tanggapannya.


Wassalamu’alaikum wr wb.
 
Irfan di Bandung

Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Terima kasih Irfan sudah menyimak rubrik ini, sekiranya bermanfaat bisa kamu bagikan agar lebih banyak yang mengetahui info-info di sini.

Beasiswa, siapa sih yang tidak mau ? Menuntut ilmu tanpa terbebani biaya, pasti akan sangat membantu. Pasti senang sekali mendapatkan beasiswa, kadang kita jadi iri juga.

Kita harus melihat perjuangan orang yang mendapatkan beasiswa itu ya, karena mendapatkan beasiswa itu bukan hal yang mudah. Ada yang  mendaftar sampai 15 kali baru bisa diterima, ketangguhan dan kesabaran sangat diuji dalam memperjuangkan beasiswa.

Hayuk kalau kamu mau jadi pejuang beasiswa, simak tips-tips berikut ini.

1. Mulai cari info
Mulailah dengan menentukan jurusan apa yang ingin kamu ambil, kemudian carilah info-info seputar beasiswa, universitas yang ingin dituju. Bacalah informasi beasiswa dengan teliti dan catat poin-poin pentingnya. Catat pula waktu dibuka dan ditutupnya pendaftaran.

2.Persiapan akademik
Salah satu hal penting yang perlu kamu persiapkan adalah persyaratan akademik. Kamu harus menjaga nilai/IPK selama kamu sekolah, usahakan nilaimu baik dan stabil atau memiliki kecenderungan meningkat.

3. Persiapan dokumen
Dokumen yang harus dipersiapkan cukup banyak, kamu bisa mulai mempersiapkannya. Dokumen-dokumen tersebut antara lain  nilai Toefl/IELTS, transkrip akademik/raport, motivation letter, surat rekomendasi, Curriculum Vitae, Visa dan Paspor (Beasiswa Luar Negeri). Kamu bisa mempersiapkan nilai Toefl/IELTS sejak sekarang, begitupun Visa dan paspor.

4. Persiapan mental
Butuh tekad yang kuat dan pantang menyerah untuk mendapatkan beasiswa. Mulai dari mencari info yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian terkait dengan jurusan yang ingin kamu ambil.

Banyak yang gagal karena malas, jenuh, bosan sehingga menghentikan usaha. Sayang sekali kan kalau misalnya gagal bukan karena tidak berpotensi, tapi karena kurang berusaha.  

Berusahalah dan persiapkan sebaik mungkin, jangan lupa berdoa dan meminta restu kepada kedua orang tua.
Wassalamu’alaikum wr wb.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun