Ulama se-Jakarta Timur Ikrar Dukung Pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin

Ulama se-Jakarta Timur Ikrar Dukung Pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin

LADUNI.ID, Jakarta -- Ulama se-Jakarta Timur menyatakan ikrar mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Ikrar tersebut dibacakan oleh KH. Ahmad Zahari usai pengajian dan  sholat subuh berjama'ah, di kediaman Cawapres nomor urut 01 KH. Ma'ruf Amin, Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin pagi (5/11/2018).

Menurut Kiai Zahari, panggilan akrab ulama kelahiran Cirebon ini, dukungan itu atas usulan dari para ulama dan guru ngaji se-Jakarta  Timur.

"Kami mendukung orang tua kami, kiai Ma'ruf karena beliau masih keluarga besar kami. Dan temen-temen NU, para ulama dan guru ngaji sepakat untuk mengawal beliau menjadi cawapres Jokowi pada pilpres 2019," tuturnya kepada laduni.id.

Selain keluarga besar, kata kiai Zahari, juga karena kecintaan teman-teman terhadap ulama yang menjaga akidah ahlu sunnah waljama'ah (aswaja).

"Beliau, kiai Ma'ruf Amin, jelas akidahnya, aswaja, NU, dan cinta NKRI. Maka kami harus mendukung beliau," ucapnya.

Sementara kiai Ma'ruf Amin menuturkan dukungan dari temen-temen NU, Ulama dan guru ngaji se-Jakarta Timur dilakukan karena kebersamaan pada pengajian pagi itu.

"Jadi ini pengajian pagi, dari temen-temen NU Jakarta Timur dan para ulama dengan para ustadz ngaji bersama saya di sini. Kemudian mereka merasa untuk memberikan dukungan kepada saya dan mereka juga membuat ikrar, dukungan di tempat ini," ungkap kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf Amin juga menjelaskan bahwa dukungan itu bukan bagian dari kampanye, namun aksi spontan dari para ustadz dan guru ngaji yang datang ke rumahnya.

"Nggak, bukan kampanye. Ini di rumah saya, mereka datang ke sini. Kita ngaji bareng. Sesudah itu kemudian baru mereka secara spontan membuat ikrar, dari ulama seluruh Jakarta Timur baik ulama tua maupun muda," pungkasnya.

Berikut ikrar ulama se-Jakarta Timur yang disampaikan di kediaman kiai Ma'ruf Amin:

DEKLARASI SITUBONDO 

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur untuk HIJRAH MENUJU INDONESIA MAJU, kami ALIM ULAMA DAN KELUARGA BESAR NAHDLATUL ULAMA SE JAKARTA TIMUR. Dengan ini menyampaikan MAKLUMAT SEKALIGUS PERNYATAAN SIKAP sebagai berikut:

1. Berkhidmat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari potensi ancaman laten baik dari dalam maupun luar.

2. Berpartisipasi aktif mengamankan dan menjaga PEMILU 2019 yang JUJUR DAN ADIL berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

3. Turut ambil peran merawat dan memelihara Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an di masyarakat dengan mengedepankan Persatuan dan Kesatuan berpijak pada semangat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah, dan Ukhuwah Basyariyyah.

4. Mengajak masyarakat untuk memilih Pemimpin yang visioner, berintegritas, berakhlaqul Karimah demi masa depan Indonesia yang Berketuhanan Yang Maha Esa, berperikemanusiaan yang adil dan beradab serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

5. Menyatakan dukungan total kepada pasangan Capres dan Cawapres nomor 01 Joko Widodo -Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih PASANGAN TERBAIK, SINERGI UMARO DAN ULAMA pada hari pencoblosan. BELA ULAMA, DUKUNG 
ULAMA, PILIH ULAMA! BERSAMA 01 INDONESIA MAJU! 

Jakarta, Senin, 5 November 2018 
ALIM ULAMA DAN KELUARGA BESAR NU SE JAKARTA TIMUR

(srf)