Pesantren Riyadlus Sholihin Probolinggo

Pesantren Riyadlus Sholihin Probolinggo

Profil
Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin sebagaimana pondok pesantren yang lain pada umumnya juga bergerak dalam tiga bidang tersebut di atas. Sebagai konsekwensi logis dari hal tersebut adalah dengan mengadakan lembaga pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal. Adapun lembaga pendidikan yang ada di pesantren ini yaitu mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi. Lembaga itu ada yang berafiliasi kepada Departemen Agama (Depag) dan kepada Departemen Pendidikan Nasional .

Untuk pendidikan non formal ( diniyah ) adalah Madrasiah Diniyah Ula, Madrasiah Diniyah Wustho dan Madrasiah Diniyah Ulya. Pada program diniyah setiap santri yang lulus kelas Diniyah Wustho wajib melakukan tugas mengajar diluar pesantren selama satu tahun. Berdirinya lembaga-lembaga tersebut dimaksudkan agar para santri dapat menyeleksi dan memilih sekolah sebagai tempat studi yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan dirinya serta prospek masing-masing.

Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin berdiri secara resmi mulai tanggal 20 Pebruari 1971 oleh Al Habib Muhammad bin Ali Al Habsyi sekaligus sebagai Pengasuh pertama sampai dengan tahun 2005, dan pada tahun 2000 mendapat SK. Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Timur tanggal 26 Nopember 2000 Nomor : Wm.6.03/PP.03.2/4152/SKP/2002 

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. RA
2. TK
3. SD
4. MI
5. MTs
6. SMP
7. MA
8. SMK
9. Kejar Paket Ula
10. Kejar Paket Wustho
11. Kejar Paket C

Pendidikan non Formal ( diniyah ) adalah
1. Madrasiah Diniyah Ula
2. Madrasiah Diniyah Wustho 
3. Madrasiah Diniyah Ulya

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, Marawis atau Hadrah, Kajian kitab kuning, Pidato, Pramuka, Komputer, Bahasa Asing, Kaligrafi, Silat, Basket, Voli, sSpakbola, Marching band, Pengembangan Jurnalistik dan Publisistik, Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha, Jamiyatul Quro', Bahtsul Masail, Jam'iyah Diniyah, Seni Sholawat Al-Banjari, Diklat Ubudiyah, Kaligrafi.

Alamat
Jl. Lawu No. 39, Kel. Ketapang Kec. Kademangan, Kota Probolinggo 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi  https://www.riyadlussholihin.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.