GP Ansor, ICW dan Sejumlah Ormas Dapat Pengharaan dari Mendagri 

GP Ansor, ICW dan Sejumlah Ormas Dapat Pengharaan dari Mendagri 

LADUNI.ID,JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan khusus kepada Gerakan Pemuda Ansor. Selain GP Ansor Mendagri juga memberikan penghargaan kepada Granat, Pemuda Pancasila, Pemuda Muhammadiyah, serta kepada Bakesbangpol daerah terbaik,  yaitu Provinsi  Sulawesi Utara, Kota Semarang, Kabupaten Pasuruan.

Selain itu Tjahjo Kumolo juga memberikan penghargaan tujuh organisasi kemasyarakat (Ormas). Penghargaan diberikan lantaran dianggap telah berhasil memberikan kontribusi besar dalam pembangunan dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara di bawah kerangka NKRI di masing-masing bidang lingkup kegiatannya. 

Pemberian penghargaan dilakukan dalam Forum Komunikasi, Koordinasi Nasional dan Regional antara Pemerintah Pusat, pemerintah daerah dan Ormas, yang diselenggarakan di Hotel Red Top, Jakarta Pusat, Selasa (6/11) sebagaimana dilansir laman Setkab.go.id

Ormas yang memperoleh penghargaan itu adalah Pertama Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YAKKI) untuk Bidang  Kesehatan. Kedua Pusat Perlindungan Hutan (COP) untuk Bidang Lingkungan Hidup. Ketiga Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk Bidang Tata Kelola Pemerintahan. Keempat . Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) untuk Bidang penanggulan Bencana. Kelima Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) untuk Bidang kebudayaan kepada Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman). Keenam, Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) untuk Bidang Pemberdayaan Perempuan; dan Ketujuh Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda untuk Bidang Pendidikan.

Selanjutnya, Mendagri memberikan penghargaan dalam kategori Bakti Sepanjang Hidup kepada Yayasan Taman Siswa, Wanita Katolik Republik Indonesia, Al Irsyad Al Islamiyyah, Perssis.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan rasa bangganya terhadap Ormas yang telah berhasil meningkatkan kualitas, kompetensi dan kapasitas kelembagaan organisasi. Selain itu Tjahjo juga berpesan kepada Ormas lainnya untuk saling mendukung dan tetap memberikan yang terbaik kepada Bangsa Indonesia.

“Penghargaan yang diberikan kepada Ormas harus bisa melecut semangat Ormas lainnya agar dapat lebih baik dan kepada Ormas yang mendapatkan penghargaan harus mampu merangkul Ormas lainnya dan tetap dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika,” tutup Tjahjo