Jokowi: 2019 Merak Hingga Banyuwangi akan Tersambung Tol

Jokowi: 2019 Merak Hingga Banyuwangi akan Tersambung Tol

LADUNI.ID, Pemalang -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4. Usai peresmian, Jokowi menjelaskan Merak hingga Surabaya tersambung jalan tol di pertengahan Desember 2018 dengan demikian maka pada tahun depan diharapkan jalan tol Trans Jawa bisa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi

"Tadi jelas mengenai jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi. Yang Merak sampai Surabaya nanti pertengahan Desember sambung, kemudian yang Probolinggo akhir tahun sambung. Baru dilanjutkan dari Probolinggo ke Banyuwangi, InsyaAllah nanti 2019 akhir juga sudah rampung," ujar Jokowi di lokasi pintu Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

Jokowi menegaskan di 2019 nanti dari Merak hingga Banyuwangi akan tersambung tol. Setelah selesai tol Trans Jawa, pemerintah akan menggeber lagi pembangunan tol di Kalimantan dan Sumatera.

"Artinya dari ujung barat sampai ujung timur selesai. Baru nanti konsentrasi di Sumatera sama Kalimantan sama yang lain," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Dia menambahkan di sepanjang tol Trans Jawa akan disiapkan rest area yang khusus menyediakan aneka produk lokal, mulai dari makanan hingga produk pangan lokal, seperti bawang merah, telur Asin, hingga sate Tegal, penyediaan rest area ini lewat koordinasi antara Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan kepala daerah.

"Sudah saya perintahkan ke Bu Menteri, Pak Menteri PU, juga ke wali kota dan bupati agar setelah ini selesai ada rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul Pak Wali dan Bu Bupati, telur asin, sate tegal, brambang merah dipajang di situ. Sebentar lagi nanti akan diselesaikan juga," tutur Jokowi.