Semalam Suntuk, Mendagri RI Saksikan Wayang Kulit pada Peringatan Hari Wayang se-Dunia

 
Semalam Suntuk, Mendagri RI Saksikan Wayang Kulit pada Peringatan Hari Wayang se-Dunia

LADUNI.ID, Jakarta – Pada pergelaran wayang kulit di De’ Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/11) malam, Mendagri RI Tjahjo Kumolo menyaksikannya semalam suntuk. Pergelaran ini dilaksanakan dalam rangke memperingati Hari Wayang Se Dunia.

Pada kesempatan itu, Mendagri RI hadir bersama Jaksa Agung M Prasetyo. Keduanya terlihat menikmati dan meresapi pergelaran wayang kulit yang dimainkan oleh dua dalang, Ki Warseno Slenk dan Ki Purbo Asmoro dengan lakon Sesaji Rajasuya.

Mendagri pun mengapresiasi pertunjukan ini. Menurutnya, seni wayang kulit merupakan wujud kecintaan dan bentuk pelestarian terhadap budaya lokal. Pertunjukan ini membawa banyak manfaat positif bagi masyarakat luas.

"Dengan seni pertunjukan wayang kulit, terutama masyarakat Jawa memiliki dampak sangat positif dan efektif sebagai salah satu sarana sosialiasi khususnya memberikan pendidikan politik bagi masyarakat," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, pada Minggu (11/11) kemarin.

Tjahjo juga menjelaskan bahwa pada tahun politik sperti sekarang ini gelaran wayang kulit dapat menyisipkan materi pendidikan politik yang santun, cerdas dan lebih beretika agar semua pihak menciptakan suasana yang rukun, aman dan damai.

"Gunakan berbagai saluran media pendidikan politik yang mudah dipahami, menarik, menghibur salah satunya ya dengan media gelaran wayang kulit," pesan Tjahjo Kumolo. (Sumber: Times Indonesia)