Gampong Blang Dalam 1#: Menguak Sejarah dan Asal Usul Blang Dalam Pidie Jaya

 
Gampong Blang Dalam 1#: Menguak Sejarah dan Asal Usul Blang Dalam Pidie Jaya

LADUNI. ID, SEJARAH- Salah satu daerah dekat perbatasan Bireun tepatnya Bandar Dua, Ulee Glee, terdapat satu gampong yang telah memberikan warna kemajuan lewat andil beberapa tokoh yang dilahirkan dari gampong yang dikenal dengan nama Blang Dalam.

Tidak banyak yang mengetahuinya asal usul negeri tersebut terlebih generasi zaman now. Penulis mencoba menggaji dari tokoh masyarakat dan agamawan setempat untuk mengambarkan sepintas negeri itu dalam literasi sederhana.

Dulunya, ada tujuh orang yang di komandoi Nek Krueng Baro dkk (Para orang tua dulunya juga tidak mengetahui nama aslinya hanya makruf dengan nama wilayah atau tempat). 

Awalnya mereka berusaha membuka lahan di kawasan Buket Teungeuh yang kini berada di kawasan kecamatan Jangka Buya yang juga tetangga Blang Dalam , setelah sekian lama berusaha, namun hasilnya tidak memuaskan dan lahannya tidak produktif.

Akhirnya mereka mengambil inisiatif untuk hijrah dan memutuskan membuka lahan baru di kawasan perbukitan Glee Cot Panah dan sekitarnya . (Teungku Syiek Cot Panah merupakan ulama dulu yang berjihad melawan penjajah yang di makamkan di kawasan perbukitan tersebut yang kini didirikan Dayah Tgk. Marhaban).

Tentunya hasil yang didapatkan bisa bertahan hidup dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Merekapun lama menetap dan berkembang hingga ada 14 kepala keluarga di gampong tersebut Hinga melantik kepala gampong yang di istilahkan Petua Ibrahim yang beristri kan Nek Niah.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Pecinta Kuliner Kopi BMW Cek Pen Lamkawe asal Pidie Jaya