Memeluk Bayi Memengaruhi Sistem Imun dan Metabolisme

 
Memeluk Bayi Memengaruhi Sistem Imun dan Metabolisme

LADUNI. ID, KESEHATAN- Ternyata berpelukan mesra dengan bayi Mama benar-benar banyak manfaatnya lho, Ma. Menurut para peneliti, berpelukan bisa memengaruhi perubahan epigenetic pada setidaknya 5 area DNA anak, termasuk area yang berhubungan dengan sistem imun dan metabolisme.

Peneliti membandingkan apa yang mereka temukan pada anak yang berada di grup “sering dipeluk” dan grup “jarang dipeluk.” Hasilnya mencengangkan, karena ternyata kedua grup tersebut memiliki profil molekular pada sel-sel di tubuh mereka.

“Ada kemungkinan mereka ketinggalan secara biologis. Pada anak-anak, kami pikir penuaan epigenetic yang lebih lambat dapat menunjukkan kemajuan perkembangan yang baik,” ujar Michael Kobor, Profesor di Department of Medical Genetics, pada Parents.

Perlu Penelitian Lanjutan

Menurut penulis utama penelitian ini, doktor Sarah Moore, ia masih membutuhkan investigasi yang lebih mendalam.

“Kami berencana untuk mengikuti lagi ‘ketidakmatangan biologis” yang kami lihat pada anak-anak ini. Ini bisa memberi dampak luas pada kesehatan mereka, terutama perkembangan psikologis mereka. JIka penelitian berikutnya dilakukan, maka akan sangat menekankan pada pentingnya memberikan kontak fisik, terutama pada anak batita,” jelas Sarah Moore.

Nah, kini Mama sudah punya bukti penelitian yang menyatakan pentingnya berpelukan, mencium, atau sekadar melakukan kontak fisik sederhana dengan si Kecil.

Anak yang lebih nyaman dan bahagia, ternyata lebih sehat dan tumbuh kembangnya lebih optimal juga. Ayo, peluk si Kecil sekarang juga.

Sumber: Tiffany Warrantyasri, popmama.com