Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Agar PD Saat Berbicara di Depan Umum?

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Agar PD Saat Berbicara di Depan Umum?

Assalamu’alaikum wr wb. 
Mbak Nur, saya Haikal, umur saya 22 tahun, baru saja lulus S1. Mbak, saya punya kelemahan dalam public speaking.  Saat harus berbicara di depan umum (presentasi), saya selalu merasa cemas, gugup, ngeblank dan muncul keringat dingin. Saya ingin lancar dan fasih dalam presentasi, tolong dong mbak bagi tips cara mengatasi kecemasan pada saat presentasi  ? Terima kasih sebelumnya. 

Haikal di Semarang

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb
Halo Haikal, banyak orang yang kesulitan berbicara di depan umum seperti presentasi, ceramah, pidato dan seminar. Kemahiran berbicara di depan umum ini melalui proses yang berbeda-beda setiap orangnya, semakin sering tampil maka akan semakin mahir.  Walaupun ada juga orang-orang yang sudah mahir mengalami kegugupan dan kecemasan dengan kadar dan situasi tertentu. 
Berikut mbak Nur bagi beberapa tips meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum :
 

Baca Juga: Menghadapi Permasalahan siapa Takut?

1. Persiapkan dengan Baik
Presentasi yang dipersiapkan dengan baik tentu berbeda hasilnya dengan yang tanpa persiapan. Persiapkan dan kuasai materi dengan baik, jika menggunakan power point buatlah slide semenarik mungkin. Selalu usahakan untuk datang ke lokasi lebih awal agar memahami panggung dan memperkirakan keberadaan audiens. Lakukan pengecekan perlengkapan  dan alat yang akan kamu gunakan, seperti laptop, LCD, sound dan lain-lain. Hal penting lain yang perlu kamu persiapkan adalah penampilanmu dari ujung rambut sampai ujung kaki. Berpakaian yang bersih, rapi dan nyaman akan meningkatkan kepercayaan diri kamu. Sebelum acara dimulai, kamu bisa melakukan pernafasan dalam agar membuatmu lebih tenang dan berkonsentrasi. 
 

2. Berpikir Positif
Pernahkah sebelum presentasi kita berpikir nanti sebelum presentasi kita lupa, ditertawakan audiens, atau hal – hal negatif lainnya ? Buanglah hal negatif tersebut karena bisa mempengaruhi penampilan kita. Berpikirlah positif, karena hal itu akan membantu memancarkan auramu.  
 

3. Banyak Berlatih
Kepercayaan  diri dan kemahiran untuk tampil di depan umum berbanding lurus dengan jam terbang. Tidak punya jam terbang tinggi ? Kamu bisa berlatih di depan cermin dan juga berlatih bersama teman-teman. Berorganisasi bisa melatih kemahiranmu untuk berbicara di depan umum. 
 

Baca Juga: Apakah Depresi bisa Pulih dengan Meditasi?

4. Berdo’a
Berdoa merupakan bentuk kepasrahan kita kepada Allah setelah segala bentuk ikhtiar dan persiapan yang sudah kita lakukan. Berdo’alah agar selalu mendapatkan pertolongan dari Allah.  
Salah satu do’a yang bisa kita panjatkan sbeelum berbicara di depan umum adalah :
“Rabbisyrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan min lisaanii yafqahuu qaulii”
Artinya :
“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuanku dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku. (QS Al-Thaa’Haa’ [20]:25-28)”
 
Jika kita telah berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dan telah berdo’a kepada Allah, maka apakah ada alasan untuk tidak percaya diri ?
Semoga bermanfaat ya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun