Pertemuan Mentan dan BEM se-Indonesia Hasilkan Tujuh Deklarasi Ciawi

Pertemuan Mentan dan BEM se-Indonesia Hasilkan Tujuh Deklarasi Ciawi

LADUNI.ID,Bogor - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengklaim pemerintah berhasil menekan inflasi dari 10,7 persen menjadi 1,26 persen. Selain itu Pemerintah juga dinilai berhasil meningkatkan efektivitas anggaran. Pemerintah juga berhasil meningkatkan nilai ekspor dan memberantas mafia pertanian. 

Menurut Amran Kementerian Pertanian (Kementan) juga sedang mendorong pengembangan inovasi teknologi pertanian dan menciptakan komoditas unggul.

“Silahkan mahasiswa mengkritisi pemerintah terkait pengembangan pertaniannya. Konsolidasi seperti ini harus terus digelar, kalau bisa hadirkan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau NGO yang bergerak di bidang pertanian,” tutur Amran saat bertemu dengan 250 mahasiswa perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Indonesia dalam Konsolidasi Mahasiswa Pertanian Indonesia, Selasa (3/12) di Aula Komplek Bina Karakter, Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Ciawi Bogor sebagaimana dilansir laman resmi IPB

Konsolidasi ini digelar oleh Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan BEM KM IPB. 
Sebelum hadir dalam konsolidasi ini, mahasiswa-mahasiswa tersebut sudah melakukan mapping dan evaluasi program pertanian nasional di 14 desa di 5 kluster di 6 provinsi. Mapping dilaksanakan selama tiga hari, pada tanggal 26-29 November 2018.

Mapping tersebut dilakukan guna menganalisis kondisi program pertanian yang ada, baik dari aspek kekuatan, kelemahan, peluang maupun tantangan yang dimiliki, menganalisis potensi pedesaan yang dimiliki, serta untuk mengetahui harapan masyarakat terhadap pembangunan desa dan memberi rekomendasi strategis dan fungsional. 

Menurut Amran dari hasil survei tersebut, didapatkan hasil bahwa masih banyak potensi desa terutama pertanian yang harus dikembangkan. Untuk itu, mahasiswa pertanian Indonesia sepakat dan berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia berdaulat pangan dan pertanian. Komitmen tersebut diwujudkan dengan mengucapkan ikrar Deklarasi Ciawi yang diikuti oleh seluruh peserta dengan disaksikan oleh Mentan 

Pertemuan itu menghasilkan delapan komitmen yang diikrarkan. Pertama  melaksanakan hasil pertemuan konsolidasi nasional mahasiswa pertanian Indonesia sebagaimana yang telah dirumuskan. 

Kedua mempercepat pertumbuhan petani muda Indonesia dengan terus membina diri dengan mengasah berbagai kompetensi terkait pertanian sesuai latar belakang perguruan tinggi masing-masing. 
 

Tags