Kenalkan Siswa ke Perguruan Tinggi, MA Al-Asror Semarang Gelar Edufair

 
Kenalkan Siswa ke Perguruan Tinggi, MA Al-Asror Semarang Gelar Edufair

LADUNI.ID, Semarang – Dalam upaya memberikan informasi yang cukup tentang perguruan tinggi di Semaang, Lembaga Pendidikan NU Madrasah Aliyah (MA) Al-Asror Semarang menghelat Pagelaran dan Edufair 2018 yang diikuti sebanyak 12 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Semarang dan sekitarnya dengan dihadiri ratusan siswa – siswi empat lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Al–Asror.

Adapun ke-12 PTS itu adalah terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang, Universitas Islam Sultan Agung (Unisula), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Universitas PGRI (Upgris), Universitas Semarang (USM).

Bukan hanya itu, Universitas Pandanaran (Unpand), Universitas Muhammadiyah (Unimus), Universitas Perbankan (Unisbank), STIE Cendekia Karya Utama, Unversitas Ngudi Waluyo, Alfbank dan Univesrsitas Wahid Hasyim (Unwahas) juga turut hadir dalam acara tersebut.

Pada kegiatan yang mengusung tema ‘Mengembangkan Minat Dan Menggali Bakat Menjadi Pribadi Yang Bermartabat’ itu digelar di komplek Madrasah Aliyah Al–Asror Jalan Petermon Pasekaran, Gunungpati, Semarang.

Acara pameran dan edufair ini didedikasikan untuk memfasilitasi para siswa-siswi SMA/SMK dalam mencari perguruan tinggi yang terbaik untuk melanjutkan jenjang pendidikannya, sekaligus untuk menggali bidang seni bagi siswa-siswinya.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan Jamiatun, edufair ini digelar selain untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa, khususnya pelajar Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan mengenai produk – produk pendidikan tinggi.

"Informasi meliputi program pendidikan berjenjang Diploma, S1,S2, S3, profesi, kelas paralel, kelas international maupun program pelatihan hingga para siswa SMA/SMK akan mengetahui mana pilihan mereka sesuai yang diinginkan," ungkapnya, pada Sabtu (8/12), seperti dilansir dari NU Online.

Dirinya juga berharap agar kegiatan itu diharapkan nantinya siswa-siswi yang telah lulus tataran SMA sederajat dapat memilih pendidikan tinggi dan jurusan sesuai bakat dan minatnya, mengingat hampir 60% siswa-siswi SMA/SMK Madrasah Aliyah Al–Asror bakal melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi.

“Pameran Edufair perguruan tinggi ini banyak manfaat bagi siswa, terutama mereka yang sudah kelas akhir bisa memilih sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bahkan dengan adanya pameran ini,  para siswa-siswi bisa menimbang dan memilah perguruan tinggi mana yang akan menjadi tujuannya setelah lulus SMA/SMK  nanti,” terangnya.

Selain itu, Jamiatun juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan itu tidak hanya digelar pameran perguruan tinggi, namun juga diramaikan  berbagai macam seni budaya, pameran kuliner, live musik band dan presentasi perguruan tinggi peserta stand edufair.

Sebagai guru BK Madrasah Al Asror, Jamiatun juga menuturkan, pameran ini merupakan sebuah langkah yang mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama Yayasan Madrasah Aliyah Al–Asror dan kalangan perguruan tinggi untuk dijadikan peluang hingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan.