Sejarah

 

10 Pemimpin Besar dalam Sejarah Islam

Ceritakanlah kepada kepada anak-anak kaum muslimin tentang Abdurrahman ad-Dakhil, atau Muhammad al-Fatih, atau Sulaiman al-Qanuni. Agar mereka tahu siapakah yang lebih layak untuk jadi idola.

Bulan Syawal dalam Sorotan Peristiwa Penting yang Membentuk Sejarah Islam

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam penanggalan kalender hijriyah. Kehadiran bulan ini selalu dinanti umat Islam di seluruh dunia. Penetapan awal bulan ini menjadi perhatian kaum Muslimin, karena pada 1 Syawal, umat Islam di seantero jagad merayakan Idul Fitri – hari kemenangan -setelah menunaikan ibadah shaum selama sebulan penuh pada Ramadhan.

Kisah Mus'ab bin 'Umair, Pemuda Mekkah yang Gigih Pertahankan Panji Rasulullah

Nabi Muhammad SAW memiliki banyak sahabat dari berbagai kalangan, di antara mereka itu bernama Mus’ab bin ‘Umair, pemuda Makkah yang berparas tampan, gagah, dan sangat dimanja oleh kedua orangtuanya

Tiga Gua yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW

Sebagai umat Islam, kita tentu familiar dengan kisah-kisah gua yang pernah menjadi tempat singgah Rasulullah SAW. Gua-gua tersebut menjadi saksi bisu ketika Baginda Rasulullah SAW menerima wahyu ilahi atau merawat luka-luka akibat perang yang dialaminya.

Tiga Agama Samawi yang Menjadikan Puasa Sebagai Ritual Keagamaan

Ritual Puasa tentunya banyak terdapat di berbagai ajaran agama, baik itu dari masa umat terdahulu sampai sekarang. Meskipun untuk tata laksana (teknis dan mekanisme) berpuasa masing-masing ajaran agama berbeda tergantung seperti apa puasa yang dimaksud dalam kitab suci dan tradisi (sunnah) masing-masing.

Nyai Khairiyah Hasyim Asyari: Ulama Perempuan Nusantara di Haramain

Selain sebagai sumber hukum terkuat setelah kitab suci Al-Qur’an, Kitab Shahih Bukhari diyakini mempunyai keberkahan yang luar biasa bagi orang yang mau membaca dan mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya.

Tahun 651 M: Jejak Islam di Negeri Tirai Bambu

Pada abad ke-7 Masehi, dunia tengah mengalami perubahan besar dalam hal politik, agama, dan perdagangan. Di satu sisi, di Tiongkok, Dinasti Tang sedang mengalami masa keemasannya, di mana perdagangan, seni, dan ilmu pengetahuan berkembang pesat.

Buku Saku Umar bin Khattab: Rahasia Kekayaan Seorang Khalifah

Banyak sekali pandangan orang (terutama) orang yang kurang berilmu mengatakan bahwa islam tuh mendidik kita untuk sederhana sampai bisa dikatakan miskin. Sehingga ada istilah "tidak apa-apa miskin harta asal kaya hati" atau "makan gak makan yang penting kumpul", Pada prinsipnya dalam Islam diajarkan sikap zuhud dalam duniawi.

Pengabdian Tanpa Batas KH. Hasyim Latif Untuk NU

Para aktivis dan pendahulu di Nahdlatul Ulama adalah sosok yang mampu memberikan teladan bagi kalangan generasi muda. Tidak semata kedalaman ilmu yang dimiliki, juga khidmat yang layak menjadi teladan hingga kini.

Ketika Rasulullah Dakwah, Beginilah Materi yang Diajarkan

Mula-mula Rasulullah mendakwahkan Islam secara sembunyi-sembunyi kepada sanak keluarganya. Sedikit demi sedikit jangkauan dakwahnya diperluas hingga ke kerabat dan tetangganya.

Menampilkan 1 - 10 dari 662 Sejarah