Zakat Shadaqah Infak Wakaf

 

Status Panitia Zakat yang Dibentuk oleh Suatu Organisasi Bukanlah Amil Zakat

Dengan demikian, dari sini dapat dipahami bahwa status panitia zakat yang biasanya dibentuk oleh suatu organisasi tertentu bukanlah amil zakat yang berhak menerima zakat. Karena itu panitia zakat bukanlah termasuk golongan yang berhak menerima zakat.

Memahami Bolehnya Berzakat dengan Uang dalam Islam

Tunaikanlah zakat fitrah sebelum kamu keluar untuk sembahyang, maka wajib atas setiap orang merdeka mengeluarkan dua mud gandum dan daqiq (tepung dari gandum)”.

Tuntunan Lengkap Zakat Fitrah untuk Setiap Muslim

Zakat merupakan sebuah kewajiban bagia setiap umat Islam, khususnya Zakat Fitrah. Di dalam Rukun Islam disebutkan bahwa salah satunya adalah mengeluarkan zakat. Jadi siapa yang tidak mau mengeluarkan zakat, maka patut dipertanyakan keislamannya.

Niat Zakat Fitrah Praktis Bahasa Arab dan Terjemahannya

Niat merupakan bagian dari penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Tak terkecuali pada pelaksanaan zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh setiap individu Muslim, baik laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, atapun hamba sahaya.

Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap untuk Diri Sendiri, Istri, Anak Laki-laki, dan Anak Perempuan

Niat merupakan bagian dari penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Tak terkecuali pada pelaksanaan zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh setiap individu Muslim, baik laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, ataupun hamba sahaya. 

Bentuk Zakat dan Waktu Mengeluarkan Zakat

Bentuk Zakat Menurut madzhab Syafi’i zakat tanaman harus diberikan dalam bentuk barangnya seperti diberikan dalam bentuk beras, hewan dan lain-lain kecuali zakat dagangan maka harus diberikan dalam bentuk qimah (mata uang).

Tuntunan Zakat Lengkap dan Praktis

Zakat adalah kewajiban bagi seluruh umat Muslim yang mempunyai kelebihan harta

Kedudukan Zakat Dalam Agama Islam

Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat wajib atas setiap orang Islam yang memenuhi syarat.

Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Dalam agama Islam, ada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat atau yang disebut dengan sebutan mustahik. Hal ini dijelaskan dalam Al Quran Surat At Taubah Ayat 60.

Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan dengan Beras dan Uang bagi Ibu Hamil atau Menyusui

Puasa Ramadhan merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh umat muslim yang mampu untuk melaksanakanya selama satu bulan penuh. Namun, terdapat beberapa ketentuan yang memperbolehkan orang tidak berpuasa seperti ibu hamil atau menyusui namun  wajib hukumnya membayar fidyah.

Menampilkan 1 - 10 dari 133 Zakat Shadaqah Infak Wakaf