Beberapa Macam Keutamaan

  1. Hadis:

    عَلَيْكَ بِالعِلْمِ فَإِنَّ العِلْمَ خَلِيْلُ المُؤْمِنِ وَالْحِلْمُ وَزِيْرُهُ وَالعَقْلُ دَلِيْلُهُ وَالعَمَلُ قَيِّمُهُ وَالرِّفْقُ أَبُوْهُ وَاللِّيْنُ أَخُوْهُ وَالصَّبْرُ أَمِيْرُ جُنُوْدِهِ

    Artinya:
    "Hendaknya kau memiliki ilmu karena ilmu itu sahabat karibnya orang yang beriman. Hendaklah kau memiliki sifat pemurah sebab pemurah itu pembantunya orang yang beriman. Hendaklah kau memiliki dan memelihara akal sebab akal itu petunjuknya orang yang beriman. Hendaklah engkau beramal, sebab amal itu nilainya orang yang beriman. Hendaklah engkau memiliki keramahan sebab kera­mahan itu ayahnya orang yang beriman. Hendaklah engkau memiliki kelembutan sebab kelembutan saudaranya orang yang beriman. dan hendaklah engkau memiliki kesabaran sebabsabar itu merupakan komandan pasukannya orang yang beriman."

    Asbabul Wurud:
    Kata Ibnu Abbas: "Pada suatu hari aku menemani Rasulullah SAW. kemudian bertanya: "Maukah kuajarkan kepadamu beberapa kalimat yang bermanfaat?."Jawabku: "Ya, tentu."Sabda Beliau : "Hendaklah kau memiliki ilmu… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Al-Hakim, Turmudzi Dari Ibnu Abbas.


    Al Ghazali menjelaskan bahwa buah atau hasil Dari ilmu di antaranya timbul rasa takut (khasyyah) kepada Allah.