Ambil yang Mudah, Kerjakan yang Ringan

  1. Hadis:

    عَلَيْكُمْ هَدْيًا قَاصِدًا عَلَيْكُمْ هَدْيًا قَاصِدًا عَلَيْكُمْ هَدْيًا قَاصِدًا فَإِنَّهُ مَنْ يُشَادَّ هَذَا الدِّينَ يَغْلِبْهُ

    Artinya:
    "Hendaklah kau (ikuti) petunjuk yang mudah, untukmu petunjuk yang mudah, untukmu petunjuk yang mudah. Sebab siapa yang memperberat agama ini akan menyulitkannya."

    Asbabul Wurud:
    Diriwayatkan Dari Buraidah, katanya: "Suatu hari aku keluar bersama Rasulullah SAW. Beliau memegang tanganku, kami berjalan bersama. Tiba- tiba terlihAllah seorang laki-laki tengah melakukan shalat dengan memperbanyak rukuk dan sujud. Rasulullah SAW bertanya: "Tahukah kau bagaimana shalatnya?."Jawabku: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui."kemudian Beliau mengepalkan kedua tangannya, meng­angkatnya ke atas tiga kali dan memukulkannya, seraya berkata: "Hendaklah kau ikuti petunjuk yang mudah… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Al-Hakim dan Baihaqi Dari Buraidah. Kata Al-Hakim, Hadis ini shahih, Dia kui oleh Adz-Dzahabi. Menurut Al-Haitsami para periwayatnya terpercaya. berkata Ibnu Hajar: "Isnad Ahmad Hassan."


    Hendaklah sederhana dengan tidak melebihi dan mengurangi. Sebab terlalu memaksa-maksakan beribadat, di atas batas kemampuannya jushu akan mengurangi amal dan meninggalkan kewajiban yang lain.