Perihal yang Lebih Bagus

  1. Hadis:

    العَدْلُ حَسَنٌ وَلَكِنْ فِي الأُمَرَاءِ أَحْسَنُ، السَّخَاءُ حَسَنٌ وَلَكِنْ فِي الأَغْنِيَاءِ أَحْسَنُ، الوَرَعُ حَسَنٌ وَلَكِنْ فِي العُلَماَءِ أَحْسَنُ، الصَّبْرُ حَسَنٌ وَلَكِنْ فِي الفُقَرَاءِ أَحْسَنُ، التَّوْبَةُ حَسَنٌ وَلَكِنْ فِي الشَّبَابِ أَحْسَنُ، الحَيَاءُ حَسَنٌ وَلَكِنْ فِي النِّسَاءِ أَحْسَنُ

    Artinya:
    "Adil itu bagus (bagi siapapun) tetapi bagi para pemimpin lebih bagus. Murah hati itu bagus (bagi siapapun) tetapi bagi para hartawan lebih bagus. Memelihara diri Dari maksiat itu bagus (bagi siapapun) tetapi bagi para ulama lebih bagus.sabar itu bagus (bagi siapapun) tetapi bagi fakir miskin lebih bagus. Taubat itu bagus (bagi siapapun) tetapi bagi para pemuda lebih bagus. Malu itu bagus (bagi siapapun) tetapi bagi kaum wanita lebih bagus lagi."

    Asbabul Wurud:
    Diriwayatkan oleh Ali, katanya: "Aku telah masuk ke rumah Rasulullah SAW dan bertanya: "Ya Nabi-Allah, apakah tanda orang yang beriman itu?."Jawab Beliau : "Enam hal yang bagus tetapi jika yang enam itu terdapat pada enam kelompok manusia lebih bagus lagi."kemudian Rasulullah SAW menyebutkan: "Adil itu bagus tetapi… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Ad-Dailami di dalam "Al-Firdaus"Dari Ali.


    Keadilan itu selayaknya dimiliki pemimpin dan penguasa sebab merekalah yang mempunyai wewenang melarang setiap rakyat atau yang dipimpinnya Dari kejahatan dan permusuhan yang jika mereka melaksanakannya dengan sebenar-benarnya niscaya keadilan dan kebaikan itu akan merata. Memelihara diri Dari maksiat selayaknya di­miliki oleh para ulama; jika tidak, mereka akan sesat dan menyesatkan.sabar selayaknya dimiliki oleh fakir miskin sebab merekalah yang selalu bergelut dengan kesusahan dan kesulitan hidup. Taubat selayaknya dimiliki oleh para pemuda sebab mereka masih banyak mempunyai kesempatan kembali kepada kebenaran. Adapun malu selayaknya dimiliki oleh kaum wanita supaya tidak tersebar kemaksiatan dan kerusakan.