Istiqamah

  1. Hadis:

    قُلْ آمَنْتُ بِاللَّهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ

    Artinya:
    "katakanlah: Aku beriman kepada Allah, kemudian luruslah kau!"

    Asbabul Wurud:
    Dari Sufyan, ia berkata: "Ya Rasulullah SAW katakanlah kepadaku tentang Islam yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun selain engkau. Maka Rasulullah SAW bersabda: "katakanlah: Aku beriman kepada Allah… dan seterusnya.”, ini menurut riwayat Muslim. Sedangkan menurut Ibnu Majah Dari Sufyan, ia berkata: "Ya Rasulullah SAW terangkan kepadaku satu perintah yang aku akan berpegang teguh kepadanya!"Rasulullah SAW bersabda: "katakanlah, Tuhanku adalah Allah, kemudian luruslah engkau!"Imam Turmudzi telah menambahkan: "Apa yang paling ditakuti terjadi atas diriku!"Rasulullah SAW bersabda: "ini", Beliau memegang lisannya.

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Muslim, Imam Hadis yang Empat kecuali Abu Daud Dari Sufyan bin Abdullah Ats Tsaqafi.


    Yakni: "Perbaharui imanmu kepada Allah, ucapkan dengan hatimu, sebutkan dengan lisanmu, engkau berusaha menghadirkan pengertian Iman secara syar'i diiringi dengan melazimkan berbuat taat dan meng­akhiri hal-hal yang bertentangan. Kata Al-Munawi, Hadis ini merupakan kalimat pendek yang isinya sangat luas.

    "Kami telah mengumpulkan semua pengertian Iman, Islam, I'tiqad secara qauli maupun fi'li, Ternyata bahwa Islam itu adalah peng-Esa-an terhadap Allah, Dia lah penghasil yang pertama dan utama sedangkan taat dengan seluruh jenisnya adalah urutan yang berikutnya. dan Istiqamah adalah melaksanakan semua yang diperintahkan Allah dan menjauhkan semua yang dilarang.