Shalat itu Obat

  1. Hadis:

    قُمْ فَصَلِّ فَإِنَّ فِي الصَّلَاةِ شِفَاءً

    Artinya:
    "Bangu makanlah dan shalatlah, maka sungguh di dalam shalat itu ada obat!

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana Dijelaskan di dalam Sunan Ibnu Majah Dari Abu Hurairah, katanya: "Nabi telah berjalan di waktu tengah hari dan aku pun turut pergi. Aku shalat kemudian duduk. Tiba-tiba Nabi menoleh kepadaku seraya bertanya: "Apakah kau sakit gigi?."Jawabku: "Ya."Rasulullah SAW bersabda: "Bangu makanlah dan shalatlah, maka sungguh dalam shalat itu… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad dan Ibnu Majah Dari Abu Hurairah R.A


    Penyakit yang dimaksud adalah penyakit hati, fisik, kesedihan, kesusahan dan sebagainya. Karena itu Rasulullah SAW bila menghadapi kekhawatiran, Beliau berlindung kepada Allah dengan melakukan shalat. Al-Munawi berkata: "Shalat mendatangkan rezeki, memelihara kesehatan, menolak penyakit, mengusir bala, mendekatkan hati kepada Allah, menenangkan jiwa, menghilangkan malas, mengaktifkan anggota badan, menimbulkan kekuatan, melapangkan dada, menyinari kalbu, mencemerlangkan wajah, memelihara nikmat, mendekatkan barokah, menjauhkan setan dan dapat mendekatkan kepada Allah yang Maha Pengasih Penyayang. Singkatnya shalat memberikan pengaruh yang menakjubkan hati, badan, sikap dan perbuatan terutama bila ditunaikan haknya, yakni dilaksanakan dengan sempurna.

    Betapa tidak bukankah shalat itu penghubung antara hamba dengan Tuhannya. dan dengan kuatnya hubungan itu terbukalah kebaikan, melimpahlah berbagai nikmat dan tertolaklah siksa dan amarah Allah.