Qishash

  1. Hadis:

    كِتَابُ اللَّهِ الْقِصَاصُ

    Artinya:
    "Kitab Allah SWT itu Qishash"

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana Dijelaskan didalam Shahih Bukhari Dari Anas bahwa Rubai' binti An Nadhar telah memecahkan gigi seri seorang gadis. Dari keluarga Rubayya' meminta Dia t (denda) dan maaf sedangkan keluarga gadis berkeberatan. Mereka pergi mendatangi Nabi. Nabi me­merintahkan mereka untuk melaksanakan qishash. Anas bin Nadhar berkata: "Apakah harus dipecahkan gigi Rubai' ya Rasulullah SAW, tidak demi Allah yang telah mengutus engkau dengan benar, jangan pecahkan giginya."Rasulullah SAW bersabda: "Ya Anas, menurut Kitabullah adalah qishash."akhirnya keluarga gadis merelakan dan mereka memberi maaf. Maka Nabi pun bersabda: "Sesungguhnya di antara hamba Allah ada orang yang jika bersumpah atas nama Allah, Allah menerimanya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad dan Ulama Hadis yang Enam kecuali Turmudzi Dari Anas RA.


    1. didalam Hadis ada isyarat sebagaimana dikatakan oleh Al-Munawi, merujuk kepada ayat-ayat Al-Qur'an:
    "Maka Barang siapa yang menyerang kamu, maka seranglah Dia secara imbang seperti Dia menyerang kamu."(Al-Baqarah: 194). "dan jika kalian membalas, maka balaslah dengan balasan yang sama."(An Nahl: 126).

    "dan luka itupun qishash." (Al Maidah: 45).

    "dan Kami menetapkan atas mereka didalamnya bahwa nyawa dengan nyawa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga dan gigi dengan gigi."(Al Maidah: 45).

    2. Qishash artinya balasan yang sama tetapi jika dimaafkan oleh keluarga korban, dapat diganti dengan diyat (denda)?