Balasan Setimpal Pada Hari Kiamat

  1. Hadis:

    لَوْلَا مَخَافَةُ الْقَوَدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَأَوْجَعْتُكِ بِهَذَا السِّوَاكِ

    Artinya:
    "Seandainya tidak takut pembalasan pada hari kiamat niscaya aku sakiti engkau dengan siwak ini."

    Asbabul Wurud:
    Dari Ummu Salamah, bahwa Ketika Nabi berada di rumahnya memegang siwak (sikat gigi Hadisonal), Beliau memanggil pelayannya, tetapi Dia lama tidak menjawab sehingga tanpak rasa marah pada wajah Beliau. Maka Ummu Salamah keluar terlihat pelayan itu sedang bermain dengan seekor binatang peliharaan. Ummu Salamah berkata: "Bukankah kami melihat kamu sedang bermain-main padahal Rasulullah SAW memanggilmu?.""Pelayan itu berkata "Demi Allah yang telah mengutusnya dengan benar, aku tidak mendengar panggilannya. Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya tidak takut pembalasan… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Thabrani didalam "Al-Kabir", oleh Abu Ya'la didalam "Musnad"nya, oleh Abu Nu'aim didalam "Al-Hilyah"dan oleh Al-Hakim Dari Ummu Salamah. Kata Al-Haitsami: "Isnad Hadis ini dalam riwayat Abu Ya'la dan Thabrani Jayyid (baik). As-Suyuthi memasukkannya kedalam kelompok Hadis Hassan.


    Menerangkan bahwa Rasulullah SAW mempunyai budi pekerti yang amat baik terhadap keluarga dan tetangga serta muraqabah dan selalu mempunyai rasa takut kepada Allah.