Al Walid

  1. Hadis:

    لَيَكُوْنَنَّ فِي هَذِهِ الْأُمَّةِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْوَلِيْدُ لَهُوَ شَرٌّ عَلَى هَذِهِ الْأُمَّةِ مِنْ فِرْعَوْنَ لِقَوْمِهِ

    Artinya:
    "Sungguh akan ada di tengah umat ini seorang laki-laki yang dipanggil "Al-Walid."Dia sejahat-jahat manusia di umat ini, merupakan Fira'un bagi kaumnya."

    Asbabul Wurud:
    Dari Umar bahwa Ummu Salamah melahirkan seorang putera yang di namainya Al Walid. Rasulullah SAW bersabda: "Kalian telah menamainya dengan nama Fira'un-mu."Abu Nua'im telah meriwayatkannya didalam Ad Dalail "dengan tambahan"dengan nama-nama Fira'un-mu. kemudian mereka menggantinya dengan nama Abdullah sebab teringat sabda Rasulullah SAW: "Akan ada nanti di tengah umat ini seorang laki- laki… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Diriwayatkan oleh Imam Ahad, Ibnu Hibban didalam "Ad Dhu'afa"Dari Umar bin Khathab R.A Menurut Ibnu Hibban, khabar yang batil. IbnuAl Jauzi menyingkapnya di dalam "Al Mandhu'at"di dasarkan kepada perkataan Ibnu Hibban. Al-Hafizh bin Hajar mencantumkannya di dalam kitab Al Qaul Al Musaddad Dari musnad Imam Ahmad. Hadis ini mempunyai banyak jalur.


    Peristiwa yang digambarkan Rasulullah SAW ini benar terjadi yakni di Zaman Bani Umayyah ada seorang bernama Al Walid. Sepanjang hidupnya penuh dengan kejahatan-kejahatan yang dilakukannya.