Pada Hari ini Tiada Celaan

  1. Hadis:

    مِثْلِيْ وَمِثْلُكُمْ كَمَا قَالَ يُوْسُفُ لِإِخْوَتِهِ لَا تَثْرِيْبَ عَلَيْكُمُ اليَوْمَ يَغْفِرُ اللهُ لَكُمْ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

    Artinya:
    "Perumpamaan antara aku dengan kamu adalah sebagaimana Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya: "Pada hari ini tiada celaan terhadapmu, semoga Allah mengampuni bagimu dan Dia adalah yang Maha Penyayang di antara para penyayang."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam Al-Jami'ul Kabir Dari az Zuhry Dari sebagian keluarga Umar Dari Umar ibnu Khattab: "Ketika hari kemenangan (merebut kota Makkah) dan Rasulullah SAW waktu itu berada di Makkah Ketika Beliau mengirim utusan menemui Safwan ibnu Umaiyah, Abu Sufyan ibnu Harb, Al-Harits ibnu Hisyam, aku berkata: Sungguh Allah telah memberi kekuasaan (kepada kita) terhadap mereka, aku pasti mengetahui apa yang pernah mereka kerjakan (di masa lalu). Mendengar hal itu Rasulullah SAW. bersabda: Perumpamaan antara aku dengan kamu… dan seterusnya. Umar berkata: Sungguh Rasulullah SAW mengatakan kepada mereka seperti apa yang pernah Beliau ucapkan."

    Periwayat:
    Ibnu Asakir Dari Umar R.A


    Rasulullah SAW. menjelaskan kepada mereka bahwa tidak ada lagi celaan, cercaan dan hardikan terhadapmu pada hari ini. Sungguh tercela sebelum nyata akhir Dari perbuatanmu. Maka tidak ada dosamu lagi karena Allah mengampuni kamu karena ridha-Nya aku kepadamu, dan karena maha luasnya rahmat-Nya, dan Dia adalah yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Maka seolah-olah tidak ada kesalahan kamu lagi.