Menyakiti Ibnu Abbas

  1. Hadis:

    مَنْ آذَى الْعَبَّاسَ فَقَدْ آذَانِي إِنَّمَا عَمُّ الرَّجُلِ صِنْوُ أَبِيْهِ

    Artinya:
    "Barang siapa menyakiti Abbas sungguh Dia telah menyakitiku, sesungguhnya paman seseorang adalah saudara kandung bapaknya."

    Asbabul Wurud:
    Abbas (paman Nabi SAW.) bertanya, wahai Rasulullah SAW sesungguhnya kami mengetahui perasaan dengki, permusuhan dan kebencian Dari berbagai kaum (golongan) pasti akan terjadi yang pernah kami melakukannya di zaman jahiliah. Mendengar hal itu Rasulullah SAW. bersabda: Barang siapa menyakiti Ibnu Abbas…. dan seterusnya."

    Periwayat:
    Turmidzi dan Ibnu Asakir Dari Ibnu Abbas R.A Tharrad meriwayatkannya dalam bab Fadhailus Shahabah dengan lafadh 'ammy (pamanku) sebagai pengganti kata Ibnu Abbas.


    Hadis di atas mendorong perbuatan silaturrahim, menghormati para sahabat Nabi merupakan bagian Dari sikap menghormati Rasulullah SAW. dalam sebuah Hadis lain Beliau bersabda: Laa tasubbuu ashhaby fawalladzi nafsii biyadihi law anfaqa ahadukum mitsla uhudin dzahaban lamaa balagha mudda ahadihim wa linisfihi. (Janganlah kamu mencaci maki sahabat-sahabatku.

    Demi Dzat yang dalam genggaman kekuasaan-Nya terletak nyawaku, seandainya salah seorang kamu menginfakkan hartanya berupa emas sebesar bukit Uhud belumlah akan mencapai seperempat nilai mereka dan separahnya).