Bershalawat Kepada Nabi SAW

  1. Hadis:

    مَنْ صَلَّى عَلَيْكَ مِنْ أُمَّتِكَ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا وَرَفَعَهُ بِهَا عَشْرَ دَرَجَاتٍ

    Artinya:
    "Barang siapa bershalawat kepada engkau (Muhammad) Dari kalangan umatmu dengan satu kali shalawat, Allah bershalawat (memberikan keselamatan) kepadanya sepuluh kali serta mengangkat derajatnya sepuluh kali."

    Asbabul Wurud:
    Umar menceritakan: "Rasulullah SAW keluar meninggalkan rumah untuk buang hajat, dan tidak seorangpun yang didapatinya untuk menemani Beliau. Umar khawatir (akan keselamatan Beliau ), maka Dia membawakan air untuk keperluan Nabi SAW untuk bersuci. Umar menjumpai Beliau sedang sujud di tempat ia mengambil air minum. Maka Umar mendekat sehingga berada di belakang Beliau , sampai Beliau menegakkan kepalanya. (Melihat Umar berada di belakangnya) Beliau bersabda: Bagus engkau hai Umar, Ketika engkau mendapatiku dalam keadaan sujud. Maka aku lebih mendekat kepada Beliau dengan mengatakan: Sesungguhnya Jibril mendatangi dengan menyampaikan (pesan Allah): Barang siapa bershalawat kepada engkau ? dan seterusnya."

    Periwayat:
    Thabrany dalam kitab al-JAmirul ausath dan Dhiya' dalam kitab "Al-Mukhtarah" Dari Umar ibnu Khattab R.A


    Hadis di atas menerangkan tentang keutamaan shalawat kepada Nabi SAW, dan hal itu merupakan wasilah amal karena akan memperbanyak pahala dan mengangkat derajat orang-orang shalih.