Minum Cuka

  1. Hadis:

    نِعْمَ الْإِدَامُ الْخَلُّ

    Artinya:
    "Hidangan yang paling nikmat adalah cuka."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana terdapat dalam kitab Muslim Dari Jabir, bahwa Nabi SAW suatu hari meminta istrinya menghidangkan lauk pauk untuk makan roti (idaam). Para istri Beliau menjawab: "Kami tidak mempunyai sesuatu apapun kecuali cuka."Beliau memintanya dan memakan roti bersama dengan cuka itu. Beliau bersabda: "Hidangan yang paling nikmat adalah cuka."

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Muslim dan empat orang perawi Hadis Dari Jabir bin Abdullah R.A dan Diriwayatkan oleh Muslim dan Turmudzi Dari Aisyah R.A


    Ibnul Qayyim menjelaskan tentang maksud Hadis di atas. Rasulullah SAW memuji cuka sesuai dengan keadaan Ketika itu, bukan karena kelebihan cuka (dalam arti sesungguhnya) dibanding dengan yang lain. Beliau mengucapkan hal itu dengan maksud memaksakan hati agar mau menerima kenyataan sesuatu yang dihidangkan kepada Beliau , dan meniatkan agar cuka itu masih tetap bermanfaat bagi dirinya. Sebab jika waktu itu ada yang lain, seperti daging, madu, dan susu, pastilah ketiga jenis makanan dan minuman itu lebih patut Beliau puji.