Amanah

  1. Hadis:

    النُّجُوْمُ أَمَنَةٌ لِلسَّمَاءِ فَإِذَا ذَهَبَتْ النُّجُوْمُ أَتَى السَّمَاءَ مَا تُوْعَدُ وَأَنَا أَمَنَةٌ لِأَصْحَابِي فَإِذَا ذَهَبْتُ أَتَى أَصْحَابِي مَا يُوعَدُوْنَ، وَأَصْحَابِي أَمَنَةٌ لِأُمَّتِي فَإِذَا ذَهَبَ أَصْحَابِي أَتَى أُمَّتِي مَا يُوعَدُوْنَ

    Artinya:
    "bin tang-bin tang itu setia kepada langit. Apabila bin tang itu tenggelam langit datang dengan apa yang dijanjikan. Saya pemegang amanah terhadap para sahabatku. Jika aku pergi maka para sahabatku datang dengan apa dijanjikan kepada mereka, dan para sahabatku pemegang amanah bagi umatku, jika para sahabatku pergi maka umatku akan datang apa yang dijanjikan kepada mereka."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam Shahih Muslim Dari Abi Burdah Dari bapaknya: "Kami melaksanakan shalat maghrib bersama Rasulullah SAW, kemudian kami berkata: "Seandainya kita duduk bersama Beliau sampai datang waktu shalat Isya'. Burdah mengatakan, maka kami duduk bersama dan pada saat itu Rasulullah SAW keluar Dari rumah Beliau dan datang menemui kami. Rasulullah SAW bersabda: "Mengapa kamu masih di sini? Kami menjawab: "Wahai Rasulullah SAW, kami melaksanakan shalat maghrib bersama engkau kemudian kami (ingin) duduk bersamamu hingga datang waktu shalat Isya'. Beliau berkata: Kamu baik dan melaksanakan (sunnah). kemudian Beliau mengangkat kepalanya ke langit dan mereka ikut pula mengangkatkan kepalanya ke langit, lalu Beliau bersabda: bin tang-bin tang itu setia kepada langit ? dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad dan Muslim Dari Abi Musa Asy'ari R.A