Tanda Dari Allah

  1. Hadis:

    هَذِهِ عَلَامَةُ اللهِ فِيمَنْ يُرِيْدُ، وَعَلَامَتُهُ فِيمَنْ لَا يُرِيْدُ، وَلَوْ أَرَادَكَ بِالْأُخْرَى هَيَّأَكَ لَهَا، ثُمَّ لَمْ يُبَالِ فِي أَيِّ وَادٍ هَلَكْتَ

    Artinya:
    "inilah tanda (alamat) Dari Allah terhadap siapa yang dikehendaki­Nya, dan tanda (alamat) Nya terhadap siapa yang tidak dikehendaki­Nya. Kalau Allah menghendaki untukmu yang lain, Dia akan membimbingmu, sehingga tidak peduli dilembah mana saja engkau bin asa."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam "Al-Jami'ul Kabir" Dari Ibnu Mas'ud: "Kami berada di sebelah Nabi SAW, maka datang orang berkendaraan sampai Dia turun. Orang itu berkata: Wahai Rasulullah SAW aku datang kepadamu Dari perjalanan jauh, aku tambat kendaraanku dan aku bergadang (tidak tidur) di malam hari, dan aku di siang hari, dan sungguh aku bertanya padamu dua hal yang menyebabkan aku tidak bisa tidur. Nabi bertanya, siapa namamu? Saya Zaid al Khail, jawabnya. tidak engkau Zaid al Khair. Maka Dia bertanya, dan hampir saja soal kecelakaan (kehancuran) yang benar-benar ditanyakannya. Dia berkata: "Aku bertanya padamu mengenai tanda (alamat) Allah terhadap siapa yang dikehendakiNya, dan alamat-Nya terhadap siapa yang tidak dikehendaki-Nya. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya: Bagaimana keadaamu? Dia menjawab: Aku berada dalam keadaan menyukai kebaikan dan penganutnya dan siapa yang mengamalkannya. dan jika aku mengamalkannya, aku meyakini pahala-Nya, dan jika sesuatu meluputkan (melalaikan) aku mengerjakannya aku merindukannya. Maka Nabi berkata kepadanya: "inilah tanda (alamat) Dari Allah ? dan seterusnya."Bunyi Hadis di atas.

    Periwayat:
    Ibnu 'Adi yang mengatakan Hadis di atas munkar (tidak dikenal), dan Ibnu 'Asakir Dari Ibnu Mas'ud R.A