Peringatan Nabi

  1. Hadis:

    لَا تَجْمَعُوْا مَا لَا تَأْكُلُوْنَ، وَلَا تَبْنُوْا مَا لَا تَسْكُنُوْنَ، وَلَا تَنَافَسُوْا فِي شَيْءٍ أَنْتُمْ غَدًا عَنْهُ تَزُوْلُوْنَ، وَارْغَبُوْا فِيْمَا عَلَيْهِ تَقْدَمُوْنَ وَفِيْهِ تَخْلُدُوْنَ، وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ وَعَلَيْهِ تُعْرَضُوْنَ

    Artinya:
    "Janganlah engkau mengumpulkan sesuatu yang tidak engkau makan, Janganlah engkau bangun sesuatu yang tidak engkau Dia mi, Janganlah engkau berlomba mencapai sesuatu yang besoknya kamu akan meninggalkannya. Berharaplah terhadap sesuatu yang harus kamu siapkan dan kamu akan kekal bersamanya. bertaqwalah kepada Allah yang akan dikembalikan kamu kepada-Nya, dan kepada-Nya kamu akan dihadapkan."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam "Al-Jami'ul Kabir" Dari Sulaiman ad Darani: Seorang guru Dari Pantai Damaskus yang disebut namanya Alqamah ibnu Suwaid al Azdy; ayah menceritakan kepadaku Dari kakeknya Suwaid ibnu Al-Harits: Aku di antara 7 (tujuh) orang utusan Dari kaumku datang menemui Nabi SAW. Ketika kami masuk dan bertutur kata dengan Beliau , tanpak rasa kagum (heran) Beliau dikala melihat penampilan dan pakaian kami. Beliau bertanya: "Siapa kalian?""Kami orang-orang yang beriman", jawab kami. Rasulullah SAW tersenyum dan bersabda: "Setiap ucapan (bangsa) mempunyai hakekat (makna sendiri). Apa hakekat ucapan dan keimanan kalian? Suwaid berkata: "Kami memiliki 15 permasalahan, 5 hal di antaranya adalah yang diperintahkan oleh utusan engkau pada kami, 5 di antaranya yang telah kami lakukan, dan 5 hal yang menjadi Hadis kami sejak zaman jahiliah dan kami masih tetap seperti itu kecuali engkau tidak menyukainya."Beliau bertanya: "Apakah 5 hal yang diperintahkan oleh utusanku kepada kamu yang kalian mempercayainya?."Kami berkata: "Utusan engkau menyuruh kami agar beriman kepada Allah, para malaikat, kitab, dan Rasulullah SAW-Rasulullah SAW, serta percaya pula kepada hari berbangkit setelah kematian."Apakah 5 hal yang di suruh utusanku kamu melaksanakannya? tanya Beliau pula. Kami menjawab: "Utusanmu menyuruh kami agar kami menyaksikan tiada Tuhan melainkan Allah dan Muhammad Rasulullah SAW (utusan) Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan haji ke Baitullah siapa yang sanggup menempuh jalan (kesana), dan kami telah melaksanakannya. "Apa pula 5 macam perilaku yang telah menjadi Hadis kalian Dari zaman jahiliah? tanya Beliau lagi. Kami menjawab: "(yaitu) bersyukur Ketika senang,sabar menghadapi bala (musibah), (memegang teguh) kebenaran Ketika berjumpa dengan musuh dan menghadapinya sampai selesai, dalam lafadh lain:sabar Ketika sedang bersorak gembira melawan musuh, dan ridha (rela) dengan ketetapan nasib (yang ditentukan Allah). Maka Rasulullah SAW tersenyum dan bersabda: "Sungguh pelajaran yang disampaikan oleh budiman, faqih, berwawasan luas, penyantun, yang hampir menyerupai pelajaran para Nabi. Betapa mulianya hal itu, betapa dalam nilai keagamaannya, dan betapa besar pahalanya. kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Aku pesankan kepada kaum lima hal", dalam lafadh lain: "Aku tambahkan untukmu lima hal lagi sehingga genap 20 (dua puluh) hal."Kami berkata: "Berilah kami wasiat (pesan) wahai Rasulullah SAW."Beliau bersabda: "Janganlah engkau mengumpulkan sesuatu ? dan seterusnya."Bunyi Hadis di atas.

    Periwayat:
    Baihaqi dan Ibnu Asakir Dari Suwaid ibnu harits R.A


    Hadis ini mengarahkan kita kepada hal-hal yang terpuji kepada hal- hal yang terpuji dan akhlak yang mulia.