Memelihara diri Dari Utang

  1. Hadis:

    لَا تُخِيْفُوْا أَنْفُسَكُمْ بِالدِّيْنِ

    Artinya:
    "Janganlah kamu menarik dirimu (kepada kegelisahan) dengan utang."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda kepada sahabat-sahabatnya: "Janganlah kamu menarik dirimu (kepada kegelisahan)."ditanyakan orang kepada Beliau : Wahai Rasulullah SAW bagaimana maksud kami menarik diri kami ke dalam kegelisahan? Beliau menjawab: "(yaitu) dengan berutang." dalam riwayat Thabrany berbunyi: "Janganlah kamu menarik dirimu (kepada kegelisahan) setelah merasa tenang (aman). Mereka bertanya: "dengan apa wahai Rasulullah SAW?.""dengan utang"jawab Beliau.

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Thabrani, Abu Ya'la, dan Baihaqi Dari dua isnad Hadis Imam Ahmad adalah orang yang kepercayaan (dalam riwayatnya).


    Hadis itu mendorong seseorang berhati-hati Dari utang, serta menghilangkan sebab-sebab yang membawa seseorang pada perasaan takut karena mencari-cari alasan untuk berutang (istidanah). Sebab utang menggelisahkan hati di malam hari dan menimbulkan rasa hina diri di siang hari, kecuali seseorang yang bermaksud melepaskan diri Dari bahaya dengan cara meminjam (uang atau barang). dan membiasakan diri hidup benar (jujur) serta berpegang teguh dengan sikap tersebut.