Pernikahan Fathimah dengan Ali

  1. Hadis:

    يَا أَنَسُ أَتَدْرِيْ مَا جَاءَنِيْ بِهِ جِبْرِيْلُ مِنْ عِنْدِ صَاحِبِ العَرْشِ قَالَ إِنَّ اللَّهَ أَمَرَنِيْ أَنْ أُزَوِّجَ فَاطِمَةَ مِنْ عَلِيٍّ

    Artinya:
    "Hai Anas, tahukah engkau apa yang disampaikan Jibril Dari sisi pemilik 'arasy (Allah SWT) Ketika datang menemuiku? Beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah menyuruhku menikahkan Fathimah dengan Ali."

    Asbabul Wurud:
    Anas berkata: "Aku duduk di sebelah Nabi SAW, maka tiba-tiba Beliau tidak sadarkan diri karena menerima wahyu. Setelah malam berjalan beberapa saat Beliau bersabda: "Hai Anas, tahukah engkau ?. dan seterusnya.", bunyi Hadis.

    Periwayat:
    Al-Qazwiny, Al-Khathib dan Ibnu Asakir Dari Anas ibnu Malik R.A


    Hadis itu menunjukkan kemuliaan keluarga Bait (keluarga Nabi SAW) semoga Allah meridhai mereka. Perihal keadaan mereka berlangsung tidak semata-mata menurut fakta lahiriah, karena Allah memelihara dan menolong mereka, dan bahwa perintah Allah terlaksana atas diri mereka, mereka tidak bisa lari atau berpaling, mereka tidak gelisah dan tidak pula menolaknya.

    Perintah Allah yang Maha Mulia urusan-Nya di sisi mereka adalah kepastian yang diwajibkan pelaksanaannya, sehingga Allah SWT menerangkan tentang keadaan malaikat dalam firman-Nya: "(Mereka) tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan", (at Thalaq: 6)