Pahala Ditimpa Musibah

  1. Hadis:

    يا عائِشَةُ، هَذِهِ مَثَابَةُ اللَّهِ العَبْدَ بِما يُصِيبُهُ مِنَ الحُمَّى وَالكِبْر، وَالبِضَاعَةُ يَضَعُهَا فِي كُمِّهِ فَيَفْقِدُها فَيَفْزَعُ لَهَا فَيَجِدُهَا فِي كُمِّهِ، حَتَّى إِنَّ المُؤْمِنَ لَيَخْرُجُ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَمَا يَخْرُجُ التِّبْرُ الأَحْمَرُ مِنَ الكِيْرِ

    Artinya:
    "Hai Aisyah, demikian itu balasan Allah bagi seorang hamba karena musibah yang menimpanya, berupa sakit panas, usia tua renta, barang dagangan yang diletakkan seseorang dalam tempatnya kemudian hilang, lalu timbul ketakutan dalam dirinya, kemudian ia mendapatkan barang dagangan itu dalam tempatnya. Maka sesungguhnya orang mukmin pasti akan keluar Dari dosa-dosanya sebagaimana kerak- kerak merah keluar Dari besi (karena dibakar)."

    Asbabul Wurud:
    Aisyah berkata: Aku bertanya kepada Nabi SAW mengenai ayat: "Barang siapa melakukan kejahatan dibalas Dia dengan kejahatan itu."Maka Beliau bersabda menurut Hadis di atas.

    Periwayat:
    Ibnu Jarir Dari Aisyah R.A


    Hadis di atas merupakan penjelasan mengenai pahala Dari Allah untuk hamba-Nya karena musibah yang menimpanya berupa penderitaan karena sakit panas dan lain-lain, bahkan juga penyakit hanya ditusuk duri. Pahala tersebut adalah Allah menghapus (menutup) dosa-dosanya atau melipatgandakan pahalanya.