Kelayakan Penggunaan Rezeki Menurut Allah

  1. Hadis:

    إِنَّ اللهَ تَعَالَى لَمْ يَأْمُرْنَا فِيْمَا رَزَقَنَا أَنْ نَكْسُوَ الْحِجَارَةَ وَاللَّبِنَ وَالطِّيْنَ

    Artinya:
    "Sesungguhnya Allah tidak menyuruh kita memakai pakaian batu atau tanah yang diberikannya kepada kita."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana diterangkan dalam Sunan Abu Daud Dari Aisyah, katanya: Rasulullah SAW berangkat menuju medan perang, dan setelah tiba waktu kepadangan Beliau aku mengambil pakaian indah berwarna yang kami miliki, lalu aku tutupkan kepada perhiasan (di rumah) Setelah Beliau tiba, aku sambut Beliau dengan mengucapkan: ”As- salamu ’alaika ya Rasulullah SAW wa rahmatullah wa barakaatuh. Puji- pujian bagi Allah yang telah memberikan kejayaan kepadamu dan memuliakannya.” Beliau tidak menjawab salamku, setelah Beliau melihat pakaian berwarna yang terbuat Dari buka (namath) itu. Aku melihat di air muka Beliau perasaan tidak suka. Beliau ambil kain (namath) itu lalu Beliau kayak diiringi dengan sabdanya: "Sesung­guhnya Allah tidak menyuruh kita ?” dan seterusnya bunyi Hadis di atas. Kain itu akhirnya aku potong dua, dan aku jadikan Jikar (alas duduk). Nabi tidak melarangnya, demikian riwayat yang panjang terdapat dalam Hadis Muslim.

    Periwayat:
    As-Syaikhan dan Abu Daud Dari Aisyah R.A


    Boleh jadi Aisyah menjadikan namath (kain berwarna) itu sebagai kain penutup pintu (gordijn) yang (di masa itu) dipandang sebagai berlebih-lebihan, dan lambang Dari perhiasan dunia yang karenanya Rasulullah SAW tidak suka dan melarangnya, sesuai dengan firman Allah: ." ? dan janganlah kamu tunjukkan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan Dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. dan Karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.” (Thaha 131).

    Perbuatan makruh sebagai yang ditunjukkan dalam riwayat ini menurut jumhur ulama Syafi’iyah adalah makruh untuk membersihkan diri (makruh tanzih).