MUFRODAT AL - FADZ AL-QUR'AN adalah kitab ulumul Qur’an karya ulama sunni atau Ahlussunannah wal jama’ah Ar-Raghib Al-Ashfahani
Kitab ini merupakan salah satu kitab yang membahas tentang ilmu- ilmu Al -qur’an dalam madzhab imam syafi’i.
Isi kandungan dari kitab adalah pembahasan secara khusus tentang lafadz - lafadz yang ada di dalam Al Qur’an.
Penulis mengatakan bahwa beberapa lafadz dalam Al Qur’an memiliki kesamaan lafadz tapi dengan makna yang berbeda. Meskipun secara bahasa terkadang sama namun kekhususan makna yang di susun setiap lafadznya memiliki makna terntentu dan tidak dapat diganti dengan lafadz maupun makna yang lain.
Keutamaan kitab ini adalah penulis menarasikan isi kitab dengan susunan yang sistematis dan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca dapat dengan mudah mencari lafdadz lafdaz atau isi kitab yang dikehendaki.
Karyanya ini memiliki keutamaan yakni untuk mengetahui makna daripada lafadz-lafadz dalam al-Quran. Haji Khalifah, seorang sejarawan dan cendikiawan Ottoman juga berpendapat bahwa kitab ini bermanfaat. Sebagaimana Haji Khalifah pernah mengomentari kitab Mufradat al-fadz al-Quran:
قَالَ حَاجِي خَلِيفَة: مفرداتُ ألفاظِ القران للراغبِ وَهوُ نافعٌ في كلِّ علمٍ من علومِ الشرعِ.
Artinya: Haji Khalifah telah berkata: Mufradat al-Fadz Al-Quran karya Ar-Raghib itu memberikan manfaat bagi setiap ilmu dari pada ilmu-ilmu syariat.
Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Mufrodat Al-fadz Al Qur'an, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Mufradat Al - fadz Al - Qur'an (PDF)
Tebal: 1008 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat KitabJALIYATUL KADAR Al-BARZANJI ditulis pada zaman Nabi di saat Beliau dan para sahabatnya tengah berjuang dalam perang badar.
Kitab ditulis langsung oleh mualifnya, beliau adalah Sayyid Ali bin Hasan bin Abdul Karim bin Muhammad Ibn Abd Ar Rosul Al -Barzanji .
Kitab ini merupakan do'a permohonan pertolongan dan catatan nama - nama para pejuang ahli perang badar yang berjuang bersama para sahabat dan Baginda Nabi Muhammad SAW yang ditulis dalam bentuk sya’ir.
Beliau menuliskan semua ahli badar dalam kitab ini hingga memenuhi sekita 59 halaman.
Gaya tulisan yang berbentuk sya’ir membuat pembaca cukup sulit memahami dan memerlukan catatan khusus (tahqiq) untuk memahaminya.
Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Jaliyatul kadar Al-Barzanji ,yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Jaliyatul Kadar Al - Barzanji (PDF)
Tebal : 56 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat Kitab
ITMAMUD DIROYAH LI QURROI NUQOYAH kitab yang membahas tentang berbagai cabang dasar keilmuan agama islam.
Penulis kitab ini merupakan ulama’ besar bernama Syaikh Jalaluddin as-Suyuthi (bahasa Arab: جلال الدين السيوطي) (gelar lengkapnya Abdurrahman bin Kamaluddin Abu Bakr bin Muhammad bin Sabiquddin, Jalaluddin al-Misri as-Suyuthi asy-Syafi'i al-Asy'ari; lahir 1445 (849H) - wafat 1505 (911H).) adalah seorang ulama dan cendekiawan muslim yang hidup pada abad ke-15 di Kairo, Mesir.
Sebenarnya kitab ini merupakan kitab praktis yang meringkas keterangan yang ada di kitab An Nuqoyah karya penulis juga. MAMDUH AL-QOHTHANI Seorang peneliti tentang kajian ilmu tafsir dalam kitab Itmam Ad-Dirayah menemukan infomasi menarik, berdasar informasi tahun lahir Imam As-Suyuthi dan tahun dimana kitab An-Nuqayah di tulis, diperkirakan Imam As-Suyuthi menyusun kitab tersebut pada umur 22 tahun.
Imam As-Suyuti dalam kitab Itmamu al-Diroyah memberikan definisi ilmu al-Qur’an sebagai berikut:
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ اَحْوَالِ اْلكِتَابِ اْلعَزِيْزِ مِنْ جِهَةِ نُزُوْلِهِ وَسَنَدِهِ وَاَدَبِهِ وَاَلْفَاظِهِ وَمَعَانِهِ اَلْمُتَعَلَّقَةِ بِاْلاَحْكَامِ وَغَيْرِذلِكَ[3]
Artinya: Ulum al-Qur’an ial-ah suatu ilmu yang membahas tentang keadaan al-Qur’an dari segi turunnya,sanandnya, adab makna-maknanya baik yang berhubungan dengan lafal-lafalnya maupun yang berhubungan dengan hukum-hukumnya dan sebagainya.
Secara garis besar kitab ini terdiri dari 233 halaman, dimana di dalamnya penulis membahas 14 cabang dasar keilmuan, yang tentunya dijelaskan oleh penulis dengan bahasa yang mudah difahami, sederhana seingkat padat dan jelas.
14 cabang dasar keilmuan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Ilmu Dasar Agama
2. Ilmu Tafsir
3. Ilmu Hadist
4. Ilmu Ushul Fiqh
5. Ilmu Faroidl
6. Ilmu Nahwu
7. Ilmu Shorof
8. Ilmu Khot
9. Ilmu Ma’ani
10. Ilmu Bayani
11. Ilmu Badi’
12. Ilmu Anatomi Tubuh
13. Ilmu Kedokteran
14. Ilmu Tasawuf
Penulis mencoba memberikan penjelasan singkat tentang macam-macam dasar keilmuan yang hendaknya harus dipelajari oleh setiap orang Islam. Dimulai dengan pembahasan tentang dasar-dasar agama hingga ilmu kedokteran bahkan ilmu kerohanian/tasawuf.
Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Itmamud Diroyah li Qurroi Nuqoyah, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Itmamud Diroyah Li Qurroi Nuqoyah (PDF)
Tebal : 233 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat KitabITBA'US SUNAN WAJTINABUN BIDA' kitab fan Hadist karya seorang ulama’ terkemuka bermadzhab Hambali yang bernama Syaikh Dliya`uddin al Hambali.
Secara garis besar kitab ini memuat hadist-hadist penting yang membahas tentang hukum-hukum yang berhubungan dengan lain mahrom. Seperti hukum zina, kholwat, menjaga pandangan mata dll. Penulis dalam memberikan penjelasan langsung menampilkan hadist tertentu sesuai topik pembahasan dan hanya menyebutkan perawi dan matan hadist.
Adapun hadist-hadist yang tertulis dalam kitab ini merupakan hadist-hadist pilihan yang memiliki derajat shohih karna rata-rata perawinya adalah Imam Bukhori dan Imam Muslim. Penulis juga menambahkan penguatan dalil yang diambil dari ayat-ayat al qur`an. Kitab ini memuat sekitar 94 halaman, pada bagian awal penulis menambahkan keterangan biografi penulis dan pen-tahqiq (editor). Kemudian isi kandungan kitab berupa kumpulan hadist-hadist yang dimulai dengan pembahasan tentang fitnah perempuan dan diakhiri dengan pembahasan tentang hukum menari. Di bagian akhir penulis menambahkan keterangn daftar isi pembahasan.
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَا تَرَكْتُ بَعْدِيْ فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ
Tidak ada fitnah yang aku tinggalkan setelahku yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada fitnah wanita. [14] Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 5.096) dan Muslim (no. 2.740 (97)), dari Sahabat Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhuma.
Fitnah ini akan masuk ke dalam hati manusia yang merupakan sebab hati menjadi sakit. Dan fitnah ini banyak sekali macamnya.
DI ANTARA JENIS FITNAH WANITA
Melihat kepada perkara-perkara yang haram dilihat, sering memandang perempuan, membaca majalah porno, melihat gambar-gambar yang membuka aurat, menonton film cabul, menonton TV, sinetron, dan lain-lainnya.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
… فَزِنَى الْعَيْنَيْنِ النَّظَرُ…
… dan zinanya kedua mata adalah dengan memandang… [15] Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6.612), Muslim (no. 2.657 (20)), Ahmad (II/276) dan Abu Dawud (no. 2.152)
Menjaga pandangan dan kemaluan termasuk dalam tazkiyatun–nufus.
Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allâh Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. [an-Nûr/24:30].
FAWÂA-ID
Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Itba’us Sunan Wajtinabul Bida’, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Itba'us Sunan Wajtinabun Bida' (PDF)
Tebal : 94 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat Kitab
Kitab fan Tasawuf yang menguak ajaran-ajaran kerohanian karya Syaikh Muhammad bin Salim bin Sa’id Babashil as Syafi’i. Seorang Ulama` terkemuka juga ahli fatwa bermadzhab Syafi’i ahli dalam bidang tasawuf
Karya besar ini merupakan syarh (kitab penjelas) kitab Sulamut Taufiq karya Habib Abdulloh bin Husain bin Thohir bin Muhammad bin Hasyim Ba’alawiy.
Salah satu kitab masyhur di bidang fiqh taswauf. Kitab Is’adur Rofiq secara garis besar memuat keterangan yang sama dengan kitab asalnya, namun oleh penulis dilengkapi dengan penjelasan yang luas dan lebih kompleks serta diberikan keterangan tambahan yang sangat penting khususnya dalam bidang tasawuf.
Kitab ini terdiri dari dua juz setiap juznya memuat 100 halaman lebih jadi total ada sekitar 200 an halaman.
Pada juz awal di bagian pertama penulis menjelaskan tentang keimanan dan tauhid khususnya tentang kewajiban-kewajiban orang mukallaf, ke Tuhanan dan ke Nabian. Di bagian selanjutnya penulis menjabarkan keterangan tentang hukum-hukum fiqih khususnya bab ubudiyyah tentunya dengan menggunakan sudut pandang ilmu tasawuf. Pada bagian akhir jus satu penulis mengakhiri pembahasan dengan bab nafaqah. Pada jus dua penulis lebih fokus memberikan penjelasan tentang kerohanian.
Pada bagian ini pembahasan dimulai dengan bab kepatuhan hati dan tatacara amal bathiniyah. Mulai dari amal yang baik seperti keyaqinan, keikhlasan, berbaik sangka, ridho dan lain-lain, juga penyakit-penyakit hati seperti iri, dengki, sombong, bangga diri dan lain-lain. Di samping itu penulis juga menjelaskan berbagai macam kemaksiatan anggota badan dan tentunya dilengkapi dengan cara mengobatinya. Pada juz dua ini penulis mengakhiri pembahasan dengan pembahasan tentang taubat juga berbagai macam dzikir dan do’a dilengkapi dengan tatacara dan adabnya.
Terimakasih telah membaca Kitab Is'adur Rofiq Wa Bughyatus Sidhiq, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin
IDENTITAS KITAB |
||||||||||||
|
||||||||||||
JUDUL |
: |
Kitab Is'adur Rofiq Wa Bughyatus Sidhiq (PDF) |
|
|||||||||
PENULIS |
: |
Syaikh Muhammad bin Salim bin Sa’id Babashil as Syafi’i |
|
|||||||||
PENERJEMAH |
: |
------------ |
|
|||||||||
PENERBIT |
: |
|
|
|||||||||
TAHUN |
: |
---- M / -----H |
|
|||||||||
Tebal |
: |
221 halaman (PDF) |
|
|||||||||
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat KitabAL- IQNA' FI ALFADZ ABI SUJA' kitab fan Fiqh Ditulis oleh Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Asy-Syarbini Al-Khatib (w. 977 H).
Sesuai dengan nama kitabnya, penulis mencoba memberikan penjelasan secara lebih luas tentang hukum-hukum fiqih dari kitab fiqih yang lebih ringkas keterangannya.
Dalam kitabnya al-Iqna fi Halli Alfadz Abi Syuja’, beliau menjelaskan tentang hari jumat. Beliau menyatakan tentang sedekah hari jumat,
ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها، ويكثر من الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يومها وليلتها لخبر: إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة، فأكثروا علي من الصلاة فيه، فإن صلاتكم معروضة علي
Dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal soleh di hari jumat atau malam jumat. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam atau siang hari jumat. Berdasarkan hadis: “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)
Kitab Iqna’ sendiri merupakan kitab penjelas kitab mungil tentang fiqih yang sering dikenal dengan nama kitab Taqrib, karangan Syaikh Abi Syuja’. Sebagaimana kitab asalnya, kitab ini tentunya tidak jauh beda isi kandungannya. Yakni meliputi pembahasan Ubudiyyah, Munakahah, Mu’amlah, dan Jinayah.
Tentunya pembahasanya sangat meluas dilengkapi dengan berbagai dalil baik naqli (Al qur`an & Hadist) dan dalil aqli (rasionalitas). Yang membedakan adalah penjelasan dan penjabarannya, bahkan sampai terbagi menjadi 3 Juz. Kitab ini memuat sekitar 1700 an halaman.
Pada juz 1 penulis membahas tuntas tentang Thoharoh (bersuci) & Sholat.
Kemudian pada juz 2 diawali pembahasan tentang Zakat dan diakhiri dengan bab Nikah.
Selanjutnya pada juz 3 diawali dengan pembahasan tentang Hukum Pidana dan ditutup dengan bab ithqi (Pembebasan budak).
Nama lengkap kitab “Al-Iqna’” (الإقناع) adalah “Al-Iqna’ fi Halli Alfadz Abi Syuja’” (الاقناع في حل ألفاظ أبي شجاع). Lafaz “iqna’” adalah mashdar “aqna’a” yang bermakna “memuaskan”. Jadi, dengan judul itu, pengarang memaksudkan agar orang yang membaca sudah merasa cukup dan puas dengan penjelasan yang ada di dalamnya sehingga tidak perlu bertanya-tanya lagi terkait memahami kalimat-kalimat yang terdapat pada “Matan Abu Syuja’”.
“Al-Iqna’ adalah kitab fikih bermazhab Asy-Syafi’i yang merupakan syarah untuk kitab “Matan Abu Syuja’”. Dari sisi posisinya sebagai syarah, kedudukannya seperti kitab “Fathu Al-Qorib” karya Ibnu Al-Ghorobili/Ibnu Qosim Al-Ghozzi, “Kifayatu Al-Akhyar” karya Al-Hishni, “Tuhfatu Al-Labib” karya Ibnu Daqiqi Al-‘Id, “An-Nihayah” karya Waliyyuddion Al-Bashir dan semisalnya. Hanya saja, kitab “Al-Iqna’” bisa digolongkan syarah panjang (“muthowwal”) meskipun juga tidak terlalu panjang lebar. Kitab “Al-Iqna’” tidak seringkas “Fathu Al-Qorib” atau pertengahan seperti “Kifayatu Al-Akhyar”. Al-Ghozzi menyebutnya sebagai “syarhun muthowwalun hafil” (syarah panjang nan padat)
Motivasi penulisan “Al-Iqna’” adalah atas permintaan kawan-kawan dan murid-murid Asy-Syirbini yang sering mengkaji ilmu bersama beliau. Asy-Syirbini diminta agar berkenan membuat syarah untuk “Matan Abu Syuja’” yang bisa mengurai ungkapan-ungkapan yang sulit dan samar, disertai penjelasan “fawaid fiqhiyyah”, penjelasan ushul fikih, dan pembahasan soal-soal fikih aktual sebagaimana yang ditulis oleh Asy-Syirbini dalam syarah “At-Tanbih”, syarah “Minhaj Ath-Tholibin” dan syarah “Al-Bahjah”. Setelah Asy-Syirbini beristikhoroh beberapa waktu dan salat di dekat makam imam Asy-Syafi’i lalu merasakan dada telah menjadi lapang, barulah beliau memulai menulis “Al-Iqna’” ini.
Sasaran kitab ini sebagaimana ditulis oleh Asy-Syirbini adalah muqoddimahnya adalah untuk para pelajar pemula dan pertengahan. Untuk pelajar pemula diharapkan sudah cukup berpegang kitab ini jika ingin menguasai fikih mazhab Asy-Syafi’i, sementara untuk pelajar pertengahan diharapkan sudah cukup merujuk padanya jika ingin mengajarkan pada orang lain.
Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Al-Iqna’ fi Halli Alfadz Abi Syuja’, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Al- Iqna' Fi Halli Alfadz Abi Syuja' (PDF)
Tebal : 1711 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat KitabINAROTUD DUJA FI MAGHAZI kitab tentang fan Sejarah, lebih tepatnya tentang perjalanan Jihad Nabi Muhammad SAW.
Karya agung seorang ulama Imam Hadist yang ahli ushul fiqh bernama Syaikh Hasan Muhammad Masath. Penulis lahir di kota Makkah pada tahun 1317 H.
Khusus membahas sejarah peperangan yang pernah terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW.
Kitab ini sangat tebal sekali memuat sekitar 800 an halaman di mana kitab ini merupakan kitab Syarh (penjelas) sebuah karya nadlom kitab yang berjudul ‘Amuudun Nasab karangan Syaikh Ahmad bin Amin al Alawiy as Syanqitiy.
Dalam kitab ini penulis membagi pembahasan menjadi dua bagian, yaitu bagian pertama berupa pembukaan membahas tentang biografi penulis, metode penjelasan yang digunakan penulis serta keistimewaan penjelasan yang ada. Pada bagian kedua penulis menjabarkan secara terperinci syarh (penjelasan) dari nadlom kitab ‘Amuudun Nasab serta penjelasan tentang perang-perang yang terjadi pada Nabi SAW.
Tepatnya ada sekitar 30 Peperangan penulis jabarkan dalam kitab dengan penjelasan yang terperinci di setiap peristiwa perang. Lebih menariknya lagi penulis juga menjabarkan sebab terjadinya peperangan serta sejarahnya di setiap peristiwa perang. Di samping itu penulis juga menambahkan berbagai peristiwa penting ketika peperangan terjadi begitu pula sebelum dan sesudah peperangan. Tentunya hal itu sangat penting dalam perkembangan hukum syariat islam khususnya dalam bidang fiqih. Sehingga selain memuat sejarah kitab ini juga banyak memuat berbagai hukum fiqih. Pada bagian akhir penulis juga menambahkan catatan-catatan penting serta penutup kitab yang memuat ringkasan sejarah peristiwa yang terjadi pada masa kelahiran Nabi SAW sampai hari wafatnya.
Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Inarotud Duja Fi Maghazi, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Inarotud Duja Fi Maghazi (PDF)
Tebal : 834 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat Kitab
JUZ'UN FIIHI MA INTAQO ABU BAKAR AHMAD BIN MUSA BIN MARDAWIH (IBNU MARDAWAIH) fan Hadist.
Kitab ini disusun oleh seorang ulama` ahli hadist yang Bernama Al Hafidz Abu Bakar Ahmad bin Muhammad bin Abi Bakar Musa bin Mardawaih (lahir 323 - wafat 410 hijriah). Kitab yang berisi beribu hadist yang berasal dari hadist-hadist yang dikumpulkan oleh al Hafidz Abi Qosim Sulaiman bin Ahmad bin Ayyub at Thobroniy (W. 360 H).
Kitab ini birisi banyak hadist lengkap dengan sanadnya. Hadist-hadist dalam kitab ini merupakan berbagai hadist yang disampaikan oleh al Hafidz at Thobroniy kepada penduduk Bashroh. Matan dan sanad hadist ditulis dalam setiap halamannya disertai catatan kaki yang cukup panjang serta beberapa penjelasan kata-kata yang asing ditambah dengan sumber referensi dari berbagai kitab hadist lain yang mu’tabar. Jumlah keseluruhan hadist sekitar 170 lebih hadist dengan diulang-ulang penulisannya karena beda proses sanadnya.
Dalam pembukaan kitab penulis menambahkan biografi singkat Imam al Hafidz at Thobroniy, Imam al Hafidz Abu Bakar Ahmad bin Mardawah, juga beberapa ulama ahli hadist lain. Selain itu penulis juga menambahkan keterangan tentang kriteria hadist yang tahqiq (benar/nyata) juga metode pen-tahqiq¬-an hadist. Secara garis besar hadist di dalam kitab ini di bagi dua bagian yakni hadist yang disandarkan pada penulis dan hadist yang disandarkan pada editornya.
Di bagian akhir penulis menambahkan keterangan tentang guru-guru Syaikh Imam at Thobroniy.
Baik, itu tadi sekilas resensi dari Kitab Juz`un Fiihi Ma Intaqo Abu Bakar Ahmad Bin Musa Bin Mardawaih, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Juz'un Fiihi Ma Intaqo Abu Bakar Ahmad Bin Musa Bin Mardawaih (PDF)
Tebal : 432 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat Kitab
HUSHUNUL HAMIDIYYAH kitab yang menjelaskan tentang Aqidah, tepatnya membahas tentang Tauhid.
Kitab ini disusun oleh seorang Ulama Mesir ahli ilmu kalam yang bernama As Sayyid As Syaikh Husain Afandi al Jisr at Torobalisi.
Secara garis besar kitab ini memuat 3 bagian besar pembahasan, yakni muqoddimah (pembukaan), isi dan penutup.
Dalam muqodimah-nya penulis menjelaskan tentang dasar aqidah agama Islam yang dijelaskan dalam 4 pembahasan.
Yakni meliputi pembahasan tentang ilmu tauhid, hakikat iman dan islam, penjelasan tentang sesuatu yang bisa menafikan keimanan, dan pembahasan tentang sifat wajib jaiz dan muhal.
Dalam kitab ini, aqidah yang harus dipegang oleh seorang muslim meliputi hal-hal sebagai berikut :
Pertama: Definisi Ilmu Tauhid, keutamaan, dan kewajiban mempelajarinya. Ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas tentang ketetapan kepercayaan/ aqidah agama dengan dalil yang yakin. Buahnya ialah mengenal sifat-sifat Allah ta’ala dan para utusanNya dengan bukti-bukti yang pasti, dan memperoleh kebahagian yang abadi.
Kedua: Hakikat Iman dan Islam. Iman adalah membenarkan bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah dan membenarkan apa saja yang dibawa oleh yang diketahui datangnya dari nabi secara dharuri. Yaitu percaya akan kebenaran Muhammad saw dengan kepercayaan yang kokoh terhadap apa saja yang di bawa oleh Muhammad dari Allah ta’ala dan diketahui datangnya dari Nabi dengan yakin dan kepercayaan tersebut disertai ketetapan hati. Misalnya iman kepada Allah ta’ala, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, hari akhir, qadla dan qadar, difardlukannya sholat, dan seluruh ibadah-ibadah lainnya membunuh dengan aniaya terhadap jiwa yang terjaga, haramnya zina dan sebagainya.
Islam adalah tunduk dan patuh zhahir-batin terhadap apa saja yang satu dan lainnya tidak dapat terlepas. Maka setiap mu’min adalah muslim dan setiap muslim adalah mu’min. Karena setiap orang yang membenarkan kebenaran Rasul, wajiblah ia tunduk terhadap hal-hal yang di bawa oleh beliau; dan setiap orang yang tunduk itupun wajib untuk membenarkan beliau.
Ketiga: Hal-hal yang menghapus dan membatalkan Keimanan. Islam melalui Al Qur’an yang mulia, melarang dan mengingatkan hal-hal yang dapat membatalkan keimanan: orang yang melakukannya dihukumi kafir, walaupun dalam hatinya membenarkan dan patuh terhadap apa-apa yang dibawa oleh Rasul saw, hal-hal itu misalnya mengucapkan kata-kata kafir dan sebagainya.
Keempat: Tiga hukum akli yaitu: Wajib, Mustahil dan Jaiz. Pengertian wajib menurut akal ialah: sesuatu yang tidak dapat diterima ketidak adaannya. Misalnya: Satu adalah separoh dari dua, dan adanya Pencipta alam. Perihal satu adalah separoh dari dua dan adanya Pencipta alam, adalah wajib akli. Keduanya tidak dapat diterima akan ketidak adaanya. Tetapi yang pertama itu wajib akli badhi’ (jelas sekali) tidak membutuhkan kepada pembuktian. Yang kedua wajib akli nazhari (pemikiran) yang membutuhkan kepada pembuktian.
Selain keempat hal tersebut, dalam kitab Husunul Hamidiyah juga dijelaskan tentang rukun iman, tetapi penjabaran rukun iman tersebut berbeda dengan urutan atau susunan rukun iman pada umumnya.
Rukun iman yang dipahami oleh mayoritas umat Islam adalah :
Sedangkan rukun iman yang dijabarkan dalam kitab Husunul hamidiyah adalah : (1) iman iman Kepada Allah swt, (2) iman kepada Nabi dan rasul, (3) iman kepada Malaikat, (4) iman kepada Kitab-kitab Allah, (5) iman kepada hari Kiamat, dan (6) iman kepada Qadla dan Qadar.
Perbedaan urutan rukun iman tersebut terdapat pada penempatan iman kepada Malaikat setelah iman kepada kitab dan Rasul. Berbeda dengan urutan rukun iman yang secara umum, menempatkan iman kepada Malaikat setelah iman kepada Allah swt. Adapun lebih jelasnya urutan dan pengertian rukun iman dalam kitab tauhid Husunul Hamidiyah adalah sebagai berikut :
1. Iman kepada Allah Swt
Iman kepada Allah ta’ala ialah agar hamba itu mengetahui dan mempercayai dengan kepercayaan yang kokoh sifat-sifat Wajib, mustahil dan sifat-sifat jaiz-Nya. Seorang hamba seharusnya percaya secara global (ijmal) dengan kepercayaan yang kokoh bahwa wajib bagi Allah ta’ala seluruh sifat-sifat kesempurnaan yang sesuai dengan sifat ketuhanan dan mustahil atas-Nya segala sifat kekurangan. Jaiz bagi Allah ta’ala membuat setiap yang mungkin atau meninggalkan.
2. Iman Kepada Para Rasul
Rasul (utusan Allah) adalah seorang laki-laki dan merdeka yang diberi wahyu oleh Allah dengan syari’at, dia disuruh untuk menyampaikan wahyu itu kepada mahluk, jika tidak diperintah untuk menyampaikannya maka disebut nabi saja. Iman kepada para Rasul adalah kita percaya bahwa Allah ta’ala mengutus mereka dengan membawa khabar gembira dan peringatan. Mereka dikuatkan dengan mu’jizat yang luar biasa. Dan agar kita mempercayai sesuatu yang wajib, mustahil dan jaiz atas mereka.
3. Iman Kepada Malaikat
Menurut syara’, wajib bagi setiap muslim beriman kepada malaikat, yaitu percaya dengan kepercayaan yang kokoh akan adanya mereka, dan mereka itu adalah hamba Allah yang mu’min kepada-Nya serta mereka itu dimuliakan.
Mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan sedang mereka melaksanakan perintahNya mereka takut kepada Tuhan dan mereka mengerjakan apa yan diperintahkan. Hakikat mereka adalah jisim-jisim halus, yang diberi kemampuan oleh Allah untuk dapat berubah dalam bentuk yang berbeda-beda, tempat tingggal mereka di langit.
4. Iman Kepada Kitab-kitab Allah Swt
Setiap orang Islam wajib beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan dari Allah ta’ala kepada para Rasul a.s. Sesungguhnya Allah itu menurunkan kitab-kitab pada para utusan-Nya, dan di dalamnya Allah menjelaskan perintah dan larangan-Nya, janji dan ancaman-Nya. Kitab-kitab yang diturunkan dari Allah yang paling utama adalah Al-Qur’an, kemudian Taurat, Injil, Zabur dan seluruh Kalamullah.
5. Iman Kepada Qadla dan Qadar
Termasuk hal yang wajib menurut syara’ bagi setiap mukallaf ialah iman kepada qhada’ dan qadhar , sebagaimana kita diperintahkan untuk iman kepada keduanya maka kita telah dilarang untuk mendalami pembahasan keduanya itu.
Qadar adalah ketentuan Allah ta’ala sejak azali terhadap semua makhluk yang mana Allah mewujudkannya dalam batas-batas itu, yaitu baik, buruk, manfaat serta lain sebagainya. Maksudnya yaitu Allah mengetahui dengan azali akan sifat-sifat makhluk. Hal ini kembali kepada sifat ilmu. Qadha’ ialah Allah mewujudkan segala sesuatu sesuai dengan ilmu dan ketentuan-Nya kepada sesuatu itu di zaman azali. Maka jelaslah bahwa qadha’ dan qadar itu kembali kepada hubungan (ta’alluq) sifat ilmu Tuhan yang azali kepada sesuatu dan berbuhungan (ta’alluq) dengan sifat kekuasaan Tuhan kepadanya.
6. Iman kepada hari Akhir (Kiamat)
Setiap orang Islam wajib beriman kepada hari akhir (hari kemudian) yaitu hari Kiamat.
Mulainya sejak waktu dikumpulkan dan berakhir dengan masuknya penghuni surga ke surga dan penghuni neraka ke neraka.
Yang wajib adalah iman kepada-Nya dan kandungan-Nya sebagaimana wajib iman kepada tanda-tanda yang mendahuluinya yang telah tetap dengan nash-nash syara’, pencabutan nyawa (ruh), perihal kubur dan lain-lain sebagainya.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Hushunul Hamidiyyah (PDF)
Tebal : 215 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat Kitab
HIKMATUT TASYRI' WA FALSAFATUHU kitab fan Filsafat.
Sebuah karya besar membahas tentang filsafat agama islam, khususnya membedah tentang bagaimana sebuah syariat agama islam itu diperintahkan.
Kitab ini disusun oleh Ulama Mesir salah satu guru besar Universitas Al Azhar yang bernama Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi.
Kitab ini terdiri dari 2 jus, jus 1 memuat sekitar 200 -an halaman dan jus 2 memuat sekitar 300- an halaman total sekitar 500 halaman. Penulis mencoba mengajak pembaca memahami segala ajaran agama Islam melalui nalar kritis dengan berdasarkan dalil-dalil agama Islam dan juga hukum alam (Sains). Pada jus 1 penulis menjabarkan tentang tujuan serta hikmah adanya ajaran-ajaran Islam yang berkaitan dengan keyaqinan dan penghambaan yakni penjelasan-penjelasan tentang ketauhidan, kenabian, ubudiyah, dll. Kemudian pada jus 2 penulis menjabarkan tujuan serta hikmah adanya perintah atau ajaran yang berhubungan dengan hukum keluarga (pernikahan, nafkah, warisan dll), hukum mu’amalah (transaksional) serta hukum pidana (had, ta’zir, qishos dll). Di samping itu penulis juga menjelaskan berbagai pendapat tokoh dunia tentang suatu tema bahasan tentang hikmah pensyariatan suatu ajaran.
Di antaranya, yang termaktub dalam kitab Hikmatut Tasyri’ wa Falsafatuhu yang ditulis oleh al-Allamah al-Faqih Syaikh Ali bin Ahmad al-Jurjawi al-Atsari al-Hambali (W. 1380 H/1961 M) sebagai berikut:
1. Bersyukur kepada Allah Ta’ala
Ibadah puasa merupakan bentuk syukur kepada Allah. Sebab ibadah secara mutlaq ialah bersyukurnya hamba kepada tuhannya atas kenikmatan yang tidak terhitung.
2. Menjaga Amanah, Tidak Menyianyiakan dan Melalaikannya
Perintah menahan makan, minum, dan apapun yang serupa dengan keduanya, berlaku di siang hari merupakan amanah dari Allah Ta’ala yang menjadi tanggung jawab kita. Amanah yang menuntut kepayahan dan kesulitan yang memang menentang hasrat manusiawi dan melemahkan anggota tubuh. Oleh karenanya, ketika seorang manusia tidak beranjak dari kesendirian dalam kondisi lapar dan haus maka akan berupaya mengisi energi tubuhnya. Keadaan ini membuka kesempatan agar makan dan minum tanpa pengawasan hingga berdampak menghianati amanah dan berhak menerima adzab. Jadi, seharusnya dengan memaksakan diri menahan keperihan, harus berusaha tetap menjaga amanah tersebut, dari pada menerima siksa pedih di akhirat kelak.
3. Menjernihkan Hati dan Membersihkan Jiwa dari Sifat Hewani
Hewan tidak memiliki tujuan kecuali makan, minum dan sesuatu untuk keberlangsungan hidup seperti panganan, air, bersetubuh, dan lainnya. Lalu ketika manusia menahan diri dari hal tersebut maka akan jernih hatinya dan bersih jiwanya dari sifat hewani, lantas naik ketingkatan derajat para malaikat. Sebab hikmah ini pula, manusia akan mengerjakan ibadah lainnya dengan ikhlasnya hati dan jiwa dari noda keraguan.
Bahkan para ahli hikmah, filsuf, orang zuhud, ahli ibadah ketika terkungkung kemalasan dan kejenuhan saat hendak menulis ilmu atau beribadah, mereka menjaga perutnya memperbanyak makanan. Sehingga mereka mampu melakukan apa yang dikehendaki.
4.Terhindar dari Penyakit Berbahaya
Para medis menjabarkan bahwasannya seseorang tidak boleh rakus makan apapun serta melebih-lebihkan makan, sebab dari perut akan menimbulkan penyakit berbahaya. Sebagaimana tertera dalam nash hadist:
المعدة بيت الداء والحمية رأس الدواد
“Perut adalah rumahnya penyakit dan diet merupakan rajanya obat.”
Mereka mengungkapkan: “Barang siapa yang banyak makan, akan banyak minum. Barang siapa yang seperti itu, akan banyak tidur. Barang siapa yang banyak tidur, akan menyianyiakan usia.”
Kita telah melihat para dokter saat mengobati pasien, ialah mengkosongkan bagian dalam perutnya kemudian yang dimasukkan ke dalam perutnya makanan halus seperti susu. Oleh karenanya, puasa dari segi menahan makan dan minum menyehatkan tubuh.
5. Melemahkan Syahwat
Manusia dan hewan memiliki syahwat berhubungan intim yang sulit dicegah —salah satu solusi ialah dengan menikah. Namun ketika seseorang fakir dan belum mampu untuk menikah, khawatir terjerumus perzinahan maka baginya berpuasa hingga lemah syahwatnya. Kanjeng Nabi Muhammad SAW bersabda:
يا معشر الشباب من استطاع منكم الباءة فليتزوج ومن لم يستطع فعليه بالصوم فانه له وجاء
Artinya, “Wahai para pemuda, barang siapa di antara kalian mampu menikah (secara finansial) maka menikahlah, dan yang tidak mampu maka berpuasalah sebab puasa adalah benteng (penawar syahwat).”
6. Bersimpati Kepada Orang Fakir dan Miskin
Manusia ketika berpuasa merasakan kepedihan lapar, maka akan terpancar rasa simpati kepada orang fakir dan miskin yang sulit menemukan sesuap makanan untuk menyambung hidupnya.
Demikianlah hikmah disyariatkannya ibadah puasa yang terangkum dalam kitab Hikmatut Tasyri’ wa Falsafatuhu.
Begitu besar hikmah dari ibadah puasa yang telah Allah Ta’ala perintahkan.
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Hikmatut Tasyri' Wa Falsafatuhu (PDF)
Tebal : 515 halaman (PDF)
Sumber : Kitab Islam Lengkap
Lihat Kitab