Kitab - Majaz Al Qur'an

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab128
PengarangSyaikh Izzuddin adalah Abu Muhammad Izzuddin Abdul Aziz bin Abdis Salam bin Abu al-Qasim bin al-Hasan bin Humman al-Salami al-Dimasyqi al-Syafi’iTahun Terbit Masehi/Hijriah1999 M/1419 H
PenerbitMuassiah Al Furqon litturots al IslamiFan/KategoriUlumul Qur'an
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

MAJAZ AL QUR’AN   Nama asli dari kitab ini adalah : Al-Isyarah Ila al-Ijaz Fi Ba'dhi Anwa' Al-Majaz, "Tuntunan Ijaz, Terhadap Sebagian Macam-macamnya Majaz".
Kitab yang membahas tentang Al- Qur’an Al Karim dari segi majaz atau gaya bahasa.

Sebenarnya banyak sekali kitab yang mengupas dan membahas keindahan Ayat-ayat Suci Al -Qur’an yang dilihat dari segi gaya bahasa,  kitab ini sangat rekomendasikan untuk di jadikan rujukan karena susunan dan gaya bahasanya  sangat baik dan mudah dipahami.

Kitab ditulis oleh Imam Izuddin bin Abdissalam atau lebih masyhur dengan gelarnya Sulthanul Ulama’.  Nama lengkap Syaikh Izzuddin adalah Abu Muhammad Izzuddin Abdul Aziz bin Abdis Salam bin Abu Al-Qasim bin al-Hasan bin Humman Al-Salami al-Dimasyqi Al-Syafi’i. Dilahirkan di Damaskus pada tahun 577 H. Riwayat lain menyebutkan beliau lahir pada tahun 578 H.

Di antara karya-karya terkenalnya adalah; Al-Qawa’id Al Kubra, Al-Qawa’id Al-Shugra, Mukhtashar Shahih Muslim, Al-Fatawa Al-Mishriyah, Bidayah Al-Suul fii Tafdhil Al-Rasul, Maqashid Al-Ri’ayah. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebetulnya Syaikh Izzuddin juga pakar di bidang tafsir. Padahal, beliau menulis beberapa kitab tafsir di antaranya al-Kamil fi Tafsir Al-Qur’an, Al-Naktu wa Al-‘Uyun Mukhtashar Tafsir Al-Mawardi, Fawa’id fi Musykil Al-Qur’an dan Al-Isyarah Ila Al-Ijaz fi Ba’di Anwa’ Al-Majaz.

Di antara karya-karya lainnya adalah:

1. Kiitab Al-Qawaid Al-Kubro.

2. Kitab Al-Qawaid As-Shughra.

3. Kitab Qawaidhul Ahkam fi Masalihil Anam.

4. Kitab Al-Imamah fi Adillatil Ahkam.

5. Kitab Al-Fatawa Al-Misriyah.

6. Kitab Al-Fatawa Al-Maushuliyah.

7. Kitab Majaz Al-Qur’an.

8. Kitab Syajaratu al-Ma’arif Wa al-Ahwal Wa Shalihi al-Aqwal Wa al-A’mal

9. Kitab At-Tafsir.

9. Kitab Al-Ghayah fi Ikhtishar An-Nihayah.

10. Kitab Mukhtasar Shahih Muslim.


Demikian penjelasan singkat tentang Kitab Majaz Al-Qur’an, kitab ini sangat cocok untuk dijadikan referensi bacaan, khususnya bagi para santri atau masyarakat pemerhati studi Al-Qur’an.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Majaz Al- Qur’an (PDF)
Tebal           : 617 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!