Kitab - Muqoddimah Imam Muslim

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab134
PengarangAbul Hasan Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Warad bin Kausyaz Al Qusyairi An NaisaburiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriHadist
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

MUQODDIMAH IMAM MUSLIM Karya Abul Hasan Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Warad bin Kausyaz Al Qusyairi An Naisaburi (lahir  tahun 206 H dan wafat tahun 261 H di Naisabur). Yang lebih dikenal sebagai Imam Muslim.

Al Qusyairi di sini merupakan nisbah terhadap nasab (silsilah keturunan) dan An Naisaburi merupakan nisbah terhadap tempat kelahiran beliau, yaitu kota Naisabur, bagian dari Persia yang sekarang menjadi bagian dari negara Rusia. Tentang Al Qusyairi, seorang pakar sejarah,  ‘Izzuddin Ibnu Atsir, dalam kitab Al Lubab Fi Tahzibil Ansab (37/3) berkata: “Al Qusyairi adalah nisbah terhadap keturunan Qusyair bin Ka’ab bin Rabi’ah bin ‘Amir bin Sha’sha’ah, yang merupakan sebuah kabilah besar. Banyak para ulama yang menisbatkan diri padanya”.

Muqoddimah ini merupakan pengantar dalam memahami kitab Shahih Muslim yang merupakan Kumpulan Akhbar dari Rosulullah SAW dalam sunnah agama dan hukum hukumnya. Didalam muqoddimah tertulis kutipan kutipan penting yang menjelaskan gambaran isi dari kitab shahih muslim seperti isi dari sunnah agama dan hukumnya yang didalmnya terdapat Ats Tsawab, At Taghrib, Al Iqob, At Targhib da At Tarhib.

Beberapa Bab Muqoddimah:

Bab 1 : Wajibnya meriwayatkan dari tsiqat

Dan ia merupakan atsar yang masyhur dari Rasulullah saw, “Barangsiapa menceritakan hadits dariku, yang mana riwayat itu diduga adalah kebohongan, maka dia (perawi) adalah salah satu dari para pembohong tersebut. “Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Syu’bah dari al Hakam dari Abdurrahman bin Abu Laila dari Samurah bin Jundab. (dalam riwayat lain disebutkan) dan juga telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Syu’bah dan Sufyan dari Habib dari Maimun bin Abu Syabib dari al-Mughirah bin Syu’bah keduanya berkata, “Rasulullah saw bersabda tentang hal tersebut.”

Bab 2 : Teguran keras untuk dusta atas nama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Ghundar dari Syu’bah (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al Mutsanna dan Ibnu Basysyar keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Manshur dari Rib’i bin Hirasy bahwasanya dia mendengar Ali berkhuthbah, dia berkata, “Rasulullah saw bersabda: “Janganlah kalian berdusta atas namaku, karena siapa yang berdusta atas namaku niscaya dia masuk neraka.”

Bab 3: Larangan menceritakan semua yang didengar

Bab 4: Larangan untuk meriwayatkan dari orang-orang lemah dan berhati-hati dalam menyampaikannya.

Demikian penjelasan singkat tentang Kitab Muqoddimah Imam Muslim, yang kami bagikan.
Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :
MUQODDIMAH IMAM MUSLIM  (PDF)
Tebal           :   1461 halaman (PDF)

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!