Kitab - Syajaratul Ma'arif

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab149
PengarangSyaikh Izzuddin bin AbdussalamTahun Terbit Masehi/Hijriah2003 M /1424 H
PenerbitDaar Al Kutub al ImiyahFan/KategoriTafsir & Hadits
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

SYAJARATUL MA’ARIF  Kitab yang termasuk salah satu turats (kitab klasik) yang ditulis oleh ulama terkemuka, Syaikh Izzuddin bin Abdussalam (577-660 H). Ulama bermazhab Syafi’i ini memiliki nama lengkap al-‘Allamah al-Syaikh al-Imam al-Faqih al-Mujtahid Hujjatul Islam, Syaikhul Islam Izzuddin Abu Muhammad Abdul Aziz bin Abdus Salam bin Abu al-Qasim bin Hasan as-Sulami al-Dimasyqi. Beliau menulis banyak kitab, seperti Qawa’id al-Ahkam fi Mashalih al-Anam, Al-Kubra wa al-Shughra, Al-Maqashid, dan Maqashid al-Ri’ayah. Diantara karyanya yang monumental adalah kitab Syajaratul Ma’arif ini.

Syajaratul Ma’arif, yang bisa diartikan pohon ma’rifat, jadi teringat firman Allah dalam surat Ibrahim ayat 24-25. “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.”

Pohon itu adalah manusia yang akarnya adalah tauhid. Jika keyakinan terhadap Tuhannya kuat, maka jiwa manusia itu pun akan kokoh, seperti pohon tinggi dengan batang, ranting, daun dan buah yang banyak. Begitulah manusia, menurut Syaikh Izzudin bin Abdussalam, harus mengenal Tuhannya dengan baik. Di bagian awal kitab ini, beliau mengurai tentang tema-tema tauhid. Buah dari ma’rifat atau mengenal Allah adalah kondisi ruhani yang luhur, perkataan yang bernilai, dan perbuatan diridhai yang endingnya derajat tinggi di akhirat.

Ada enam keutamaan manusia, baik yang karena usaha maupun pemberian Allah (tanpa usaha), yaitu akal, sifat mulia, pengetahuan yang diilhamkan, karomah, kenabian dan risalah. Kitab ini membahas beragam tema, seperti berakhlak dengan asma dan sifat Allah, perintah dan larangan batin, perintah dan larangan lahir, melakukan berbagai tindakan ihsan (kebaikan) mulai ihsan dalam berakhlak dan perbuatan, ihsan dalam perkataan, ihsan dalam harta, ihsan dalam doa, dan ihsan dalam berjihad. Kemudian buku ini ditutup dengan tema Wara’. Tidak hanya tauhid dan akhlak, buku ini juga membahas tema-tema fikih secara sekilas dengan tetap dibingkai dalam kerangka Ihsan, seperti ihsan dalam shalat, berzakat, memanfaatkan harta hingga bermuamalah.

Terimakasih telah membaca Kitab SYAJARATUL MA’ARIF  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :   SYAJARATUL MA’ARIF    (PDF)
Tebal           :   397 halaman (PDF)

 

 Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!