Kitab - Jadwal Shorof.

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab160
PengarangSyaikh Hasyim Ismu’i ulama asal IndonesiaTahun Terbit Masehi/Hijriah1975 M (S)/1395 H
PenerbitFan/KategoriBahasa
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

JADWAL SHOROF  kitab yang membahas dasar dasar ilmu tata bahasa dari segi bentuk kalimatnya. Kitab ini ditulis oleh Syaikh Hasyim Ismu’i ulama asal Indonesia.
Materi ditulis dalam bentuk bagan-bagan yang disusun secara rapi dan sistematis sehingga meminimalisir halaman kitab dan mempermudah para tholib dalam menghafalnya.
Sebagai kitab dasar dalam illmu shorof, kitab ini sangat direkomendasikan bagi pemula dalam mempelajari ilmu tata bahasa.

Ilmu tata bahasa merupakan salah satu syarat para tholib dalam memahami literatur atau buku-buku yang dipelajari. Pengetahuan yang tertulis dengan bahasa yang berbeda menuntut kita untuk memahami bahasa tersebut, seperti ilmu keislaman yang berasal dari arab menuntut orang dari negara lain memahami bahasanya. Di Indonesia ilmu yang mempelajari bahasa arab akrab disapa dengan ilmu alat, atau ilmu yang digunakan sebagai sebuah alat pengantar untuk memahami ilmu bahasa. Secara umum ilmu alat sendiri terbagai menjadi dua yaitu ilmu nahwu dan ilmu shorof.

Ilmu nahwu adalah pengantar ilmu bahasa yang mempelajari bahasa arab dari segi bacaan huruf akhir dan ilmu shorof adalah ilmu tata bahasa yang mempelajari bahasa arab dari segi bentuk kalimatnya. Banyak sekali kitab-kitab yang membahas ilmu nahwu dan shorof yang salah satunya ialah kitab Jadwal Shorof.

Kitab kecil ini menerangkan Secara ringkas  ilmu shorof mulai dari macam-macamnya fi’il sampai dengan isim fi’il, yang sangat mempermudah para murid untuk belajar ilmu alat.

Terimakasih telah membaca Kitab JADWAL SHOROF  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :   JADWAL SHOROF    (PDF)
Tebal           :   4 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!