Kitab - Waroqot (Matan)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab164
Pengarangsyaikh Abul Ma’aly Al Juwani As Syafi’i dikenal Imam HaramainTahun Terbit Masehi/Hijriah1996 M/1416 H
PenerbitDaar Ash Shomi'iFan/Kategorisyarah
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Al Waroqot adalah kitab matan karya syaikh Abul Ma’aly Al Juwani As Syafi’i atau yang lebih terkenal dengan panggilan Imam Al Haramain.

وخير كتبه الصغار ما سمي بالورقات للإمام الحرمي

“Sebaik-baik kitab kecil mengenai ushul fiqh ialah kitab yang diberi nama Al-Waraqat milik Imam Haramain.”

Kitab Al-Waraqat dikarang oleh Imam Haramain, bernama lengkap Abu al-Ma’ali Dliya’ ad-Din Abdul Malik bin Abdullah bin Yusuf bin Muhammad al-Juwaini. Al-Juwaini itu nisbat kepada daerah asalnya, Juwain, yang masuk wilayah Nisyapur atau Naisabur, sebuah kota di Iran. Imam Haramain lahir saat kalender menunjukkan tanggal 18 Muharram 419 H. Julukan Imam Haramain disematkan pada dirinya karena ia pernah menjadi mufti sekaligus guru ilmu fikih madzhab syafi’i di Makkah dan Madinah, atau disebut Haramain (dua tanah suci).Imam Al- Haramain wafat pada tahun 478 H, di usia ke-59 tahun.

Imam Haramain mendesain kitab Al-Waraqat untuk kebutuhan mubtadi (pemula). Secara bahasa, waraqat berarti lembaran-lembaran kertas. Dari judul saja sudah menggambarkan kitab ini bukan kitab yang besar. Pada bagian pengantar, Imam Haramain berkata, “Kitab ini adalah lembaran-lembaran kertas (waraqat) yang tipis/kecil yang berisi fasal-fasal (topik-topik utama) mengenai ushul fikih yang bisa diambil manfaatnya oleh pemula.”

Kitab ini menggunakan gaya penulisan ijaz, yakni sedikit lafaz banyak makna. Materi yang tertulis di dalamnya adalah seputar definisi-definisi penting seputar ushul fikih, tanpa menjelaskan satu demi satu dengan penjabaran yang panjang lebar. Artinya, al-Waraqat hanyalah kitab pengantar ushul fikih. Sehingga, untuk mendalami ushul fikih lebih jauh, masih dibutuhkan kitab-kitab lain yang lebih besar.

Terimakasih telah membaca Kitab Al Waroqot  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :   Al Waroqot (PDF)
Tebal           :   30  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!