Kitab - Syifaul Jinan Tarjamah Hidayatus Syibyan -Jawa

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab169
PengarangKH Muthahhar bin AbdurrahmanTahun Terbit Masehi/Hijriah1957 M/1376 H
PenerbitMaktabah Al AshriyyahFan/KategoriTajwid
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

SYIFA’UL JINAN  Tarjamah Hidayatus Syibyan -Jawa.
Karya ulama berasal dari semarang Indonesia yaitu KH Muthahhar bin Abdurrahman.
Kitab ini syarah dari kitab Nazham Hidayatus Shibyan fi Tajwid Al Qur’an disusun oleh  Syaikh Sa’id ibn Sa’d An-Nabhani Al-Hadrami, yang berisikan pembahasan tentang ilmu tajwid dan ditulis dalam bentuk nazham yang berjumlah 40 bait, sebagaimana kitab matannya, secara keseluruhan kitab Syifa’ul Jinan ini membahas tentang dasar dasar ilmu tajwid.

Musonnif mengatakan tujuan penulisan kitab tidak lain untuk memenuhi permintaan para santri dan masyarakat untuk membuat terjemahan dari kitab kitab matan yang berfaedah. Kitab ditulis dalam bahasa pegon jawa agar mempermudah masyarakat jawa dalam mempelajarinya. Belajar tajwid menggunakan Syifa’ul Jinan, sangat terasa ringan. Materi-materi tajwid yang untuk sebagian anak-anak begitu berat, namun dengan menggunakan kitab Syifa’ul Jinan/ Hidayatushibyan ini menjadi begitu menyenangkan. Sebagaimana kitab-kitab atau buku-buku pada umumnya, Syifa’ul Jinan juga memiliki Muqaddimah atau halaman pendahuluan, isinya biasanya berupa Pujian, shalawat Nabi, doa dan harapan untuk siapa saja yang belajar menggunakan kitab tersebut.

Kitab Syifa’ul Jinan ini cukup ringkas, tidak banyak Bab pembahasannya, namun komplit untuk membahas seluruh kaidah-kaidah materi pembelajaran tajwid.
Materi dalam Syifa’ul Jinan ini disajikan dalam bentuk syair atau bait-bait yang mudah dihafalkan. Tidak heran jika kitab ini salah satu kitab yang sering ditampilkan santri dalam acara-acara pondok pesantren seperti acara akhirussanah.

Terimakasih telah membaca Kitab SYIFA’UL JINAN  Tarjamah Hidayatus Syibyan -Jawa  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :  SYIFA’UL JINAN  Tarjamah Hidayatus Syibyan -Jawa  (PDF)
Tebal           :   18  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!