Kitab - Syiir Sekar Kedathon

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab170
PengarangSyaikh Abu Muhammad ShalihTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMenara KudusFan/KategoriKeluarga
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

SYIIR SEKAR KEDHATON  Karya ulama nusantara asal Pati, Jawa Tengah, Syaikh Abu Muhammad Shalih.
 Naskah keislaman yang membahas tentang kemuliaan perempuan dan etika dalam berumah tangga. Musonnif menulisnya dalam bahasa jawa dan memberinya judul Sekar Kedathon Li Ta’nits Ahlil Wa’thon yang artinya bunga keraton untuk ketentraman keluarga.
Kitab ditulis dalam bentuk syair yang berjumlah 327 bait untuk mempermudah pembaca dalam menghafalnya.

Perempuan adalah makhluk mulia yang diciptakan dari tulang rusuk laki laki. Diantara bukti kemuliaannya ialah Allah menyebut namanya tiga kali sebagai orang yang wajib di hormati setelah ayah, bahkan masyhur istilah syurga di bawah telapak kaki ibu. Namun hal tersebut tidak berlaku pada peradapan sebelum islam. Perempuan saat itu dianggap sebagi makhluk yang lemah dan hanya diciptakan sebagi pelengkap hingga akhirnya agama islam datang dan mengangkat drajat wanita sebagaimana mestinya.

Wanita adalah makhluk Allah yang istimewa dan dimuliakan Allah ta’ala. Sebagaimana firman-Nya :

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْ آدَمَ

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam (QS. Al-Isra/17 : 70)

Anak cucu Adam terdiri dari laki-laki dan wanita. Semuanya telah ditempatkan Allah sebagai makhluknya yang paling mulia, melebihi semua makhluk lainnya baik dari jenis bebatuan (jamadiyah), tumbuhan (nabatiyah), hewan (hayawaniyah) bahkan malaikat (malakiyah).

Allah ta’ala menempatkan wanita dalam kedudukannya yang sama dengan laki-laki sebagaimana firman-Nya :

إِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِماتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِيْنَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِيْنَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِيْنَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِيْنَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِيْنَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَّأَجْرًا عَظِيْمًا

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Ahzab/33 : 35)

Nabi mengkhususkan dan melebihkan ibu dalam hadits beliau :

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ فَقَالَ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَةٍ قَالَ أُمُّكَ قاَلَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أَبُوْكَ (رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ(

“Seorang sahabat datang kepada Nabi Saw.. Kemudian bertanya: “Siapakah manusia yang paling berhak untuk kita berbuat baik kepadanya?”, Nabi menjawab:”Ibumu”, kemudian siapa Wahai Nabi?, “Ibumu” jawab Nabi lagi, “kemudian siapa lagi Wahai Nabi?:” Ibumu” kemudian siapa Wahai Nabi? “bapakmu”, jawab Nabi kemudian.” (HR. Bukhari Muslim)

Alangkah mulianya wanita yang telah Allah jadikan sebagai lambang sifat rahim-Nya untuk sekalian manusia. Betapa mulianya wanita yang telah mendapat amanat khusus untuk melahirkan manusia, semua manusia, melalui rahim-nya sebagai wujud kasih sayang Allah dalam setiap makhluk yang dilahirkan di muka bumi ini.

Namun sungguh disayangkan jika wanita menyia-nyiakan amanat itu. Sungguh disayangkan jika wanita tidak menjaga dirinya, tidak menjaga kehormatannya, tidak menjaga kemuliaannya.

Wallahu A’lam Alhamdulillahi robbil ‘aalamin

 

Terimakasih telah membaca Kitab SYIIR SEKAR KEDHATON  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :     SYIIR SEKAR KEDHATON    (PDF)
Tebal           :   25 halaman (PDF)

 

 Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!