Kitab - Tafsir Ibnu Arabi

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab173
Pengarang Imam Ibnu Arabi Nama lengkap Muhyiddin ibn Arabi adalah Abu Bakr Muhammad ibn Ali ibn Muhammad al-Hatimi al-Tha’i al-AndalusiTahun Terbit Masehi/Hijriah1863 M/1283 H (T)
PenerbitFan/KategoriTafsir & Hadits
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

TAFSIR IBNU ARABI  literasi ilmiah yang menafsiri ayat ayat Al Qur’an yang menjadi bacaan zikir para umat muslim. Kitab ini ditulis oleh  Imam Ibnu Arabi Nama lengkap Muhyiddin ibn Arabi adalah Abu Bakr Muhammad ibn Ali ibn Muhammad al-Hatimi al-Tha’i al-Andalusi ( salah satu  tokoh filsuf dan tasawwuf  muslim ).  Lahir dikota Murcia propinsi Andalusia Islam, Spanyol, pada Senin 17 Ramadhan 560 H (28 juli 1165). Ayahnya adalah seorang sufi dan pribadi yang termasyhur dan terhormat. Beliau memperoleh banyak gelar: al-Syaikh al-Akbar, Guru Besar; Khatim al-Auliya’ al-Muhammadiyyah, Penutup para Wali Muhammad; al-Syaikh al-A’zham, Guru Agung; Quthb al-Arifin, Poros Para Ahli Makrifat Imam al-Munahiyuddin, pemimpin Agama Para Mualaf; Rahbah al-Alam, Pembimbing Dunia; dan masih banyak lagi. Mengenai pengetahuannya yang luar biasa, Ibn al-Jawziyah berkomentar, “Ibn Arabi sangat menguasai kimia, dan mengetahui rahasia Nama Agung Allah, yang tersembunyi di dalam Al-Qur’an”.

Beliau mengatakan  bahwa tradisi taswwuf ini mampu menempatkan aspek batiniah pada setiap umat muslim sehingga kelestariannya harus dijaga baik secara amaliyah maupun ilmiyah. Kitab ini  beliau susun dengan tujuan agar umat mampu memahami setiap bacaan yang dibaca dalam dzikir sehingga tidak hilang rasanya.

Zikir merupakan tradisi keislaman yang saat ini masih terus dijaga oleh umat muslim hingga saat ini. Umat muslim beranggapan bahwa dzikir adalah tradisi amaliah yang mampu melestarikan keilmuan islam (aspek batiniah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, seperti membaca himpunan dzikir setelah selesai sholat maupun dalam kegiatan tertentu.  Bacaan dalam dzikir tidak lain adalah nukilan ayat ayat Al Qur’an yang memiliki keistimewaan tertentu sehingga selain mendapat pahala dengan membacanya kita juga dapat meresapi keindahan maknanya.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab TAFSIR IBNU ARABI, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab:  TAFSIR IBNU ARABI    (PDF)
Tebal          : 841 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!